Mengenal Jawa Barat Lewat Museum Sri Baduga

museum sri baduga jawa barat
Museum Sri Baduga. (disparbud.jabarprov.go.id).*

 

Ada banyak cara untuk mengenal lebih dekat Provinsi Jawa Barat khususnya di ranah budaya, salah satunya lewat koleksi di Museum Sri Baduga.

 

BandungKlik – Tak kenal, maka tak sayang. Begitulah kata banyak orang. Namun, jika dipikir ada betulnya juga. Menyayangi apa pun atau siapa pun akan lebih sempurna jika kita mengenalnya terlebih dahulu.

Menyayangi budaya Jawa Barat bisa dimulai dengan mengenalnya lewat koleksi museum. Ada banyak museum yang menyimpan koleksi tentang Tanah Pasundan dan tersebar di beberapa museum di Jawa Barat, mulai dari sejarah hingga budaya.

Museum Sri Baduga di Jalan BKR No. 185 Kota Bandung bisa jadi alternatif kunjungan wisata edukasi keluarga jika hendak mengenalnya lebih dekat dari aspek budaya.

Sebermula, museum ini bernama Museum Negeri Povinsi Jawa Barat. Museum Negeri Sri Baduga dirintis sejak 1974 dan didirikan di lahan bekas Kewedanaan Tegallega. Arsitek gedungnya model bangunan tradisional Jawa Barat yang dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Areal museum seluas 8.415,5 m2 dibagi menjadi dua, yakni wilayah publik mencakup ruang pameran dan auditorium dan wilayah nonpublik yang digunakan perkantoran.

Nama Sri Baduga diambil dari nama Raja Sunda yang bertahta di Pakuan Pajajaran pada abad ke-16, yaitu Sri Baduga Maharaja. Ialah salah seorang pemimpin kharismatik dan terkenal di Nusantara.

Sri Baduga Maharaja juga dikenal sebagai Prabu Siliwangi yang memerintah selama kurang lebih 39 tahun (1482 – 1521). Pada masa inilah Pakuan Pajajaran mencapai puncak kemasyhurannya.

Silakan baca:

Ayo Kunjungi Museum Sri Baduga Expo 2021!

Menjelajah Lampung Lewat Koleksi Museum

Klik halaman berikutnya >>