BandungKlik – Taman Nasional Bali Barat (TNBB) terletak di ujung barat Pulau Bali. Berada di antara Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana. Hamparan luas daratan sekitar 77.000 hektar ini, menyajikan berbagai keunikan flora dan fauna, dengan panorama alam yang menawan.

Kawasan taman nasional ini merupakan satu dari sejumlah tempat pelestarian alam di Bali. Mulai dari hutan lebat, laut, pantai, pegunungan, hingga satwa lucu yang menggemaskan. Udaranya pun cukup sejuk karena berada 210 – 1144 meter di atas permukaan laut.

Terbagi menjadi dua ekosistem, ada ekosistem darat dan laut. Ekosistem daratnya meliputi hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, evergreen, savana, hingga river rain forest.

Sementara untuk ekosistem lautnya terdapat coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam. Tak heran dengan segudang potensinya, Taman Nasional Bali Barat begitu diakui hingga mancanegara.

Silakan baca: Pura Beji yang Indah Dihiasi Ukiran Khas Buleleng

Bukan hanya itu, di bagian dalamnya terdapat beberapa nama gunung terkenal, seperti Gunung Prapat, Gunung Panginuman, hingga Gunung Malaye. Ada pula empat pulau kecil di sana, yaitu Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung dan Pulau Kalong.

Destinasi wisata tersebut juga menawarkan spot menyelam yang wajib dicoba karena menyimpan keindahan bawah laut yang memukau. Wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya.

Bergeser ke daratan, wisatawan bisa berjumpa satwa menjangan. Juga Jalak Bali, burung endemik langka yang hampir punah dan dilindungi. Objek menarik lainnya, terdapat Pura Pulaki, sumber air panas, terumbu karang Taman Laut Pemuteran, Candi Taman Sari, dan Pusat Penangkaran Jalak Bali.

Silakan baca: Menjelajahi Taman Nasional Way Kambas Lampung

Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat berangkat dari Denpasar. Dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam, atau berjarak sekira 60 kilometer.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Buleleng