Mengenal Condor MO-05, Sepeda Militer Legendaris Swiss

Sepeda militer Condor MO-05
Sepeda militer Swiss Condor MO-05. (mansfinelife).*

 

Swiss merupakan salah satu negara di benua biru yang memiliki sepeda militer terbaik, Condor MO-05. Angkatan Darat Swiss mempertahankan pasukan bersepedanya hingga 2001.

 

BandungKlik – Condor MO-05 adalah sepeda yang melegenda. Sepeda yang secara resmi disebut Ordonnanzfahrrad Modell 05 ini digunakan sebagai transportasi oleh infanteri bersepeda Swiss (militärvelo). Pertama kali sepeda ini diperkenalkan pada 1905.

Condor adalah perusahaan sepeda asal Swiss yakni Manufacture Suisse des Velocipedes yang terkenal dengan inovasi dan kualitas teknik produksinya. Condor MO-05 mulai diproduksi pada 1904 hingga 1989. Selama periode tersebut sebanyak lebih dari 68.000 unit MO-05 telah diproduksi.

Oleh karena peran dan jam terbangnya yang sangat panjang, MO-05 menjadi sepeda yang dihormati. Bahkan, tercatat sebagai sepeda tentara Swiss paling masyhur dan legendaris. Betapa andil  MO-05 tak tergantikan selama lebih dari delapan dasawarsa hingga diluncurkan model pengganti yang lebih modern, MO-93.

Lantas, seperti apa sepeda Condor MO-05?

Secara keseluruhan, kerangka MO-05 didominasi warna dasar hitam. Warna dominan ini termasuk warna lazim yang digunakan untuk sepeda militer selain hijau. Sepeda dilengkapi dengan spakbor dan bagasi yang kokoh. Demikian pula dengan reflektor belakang dan lampu terpadu dengan pembangkit listrik berupa dinamo yang dipasang pada porok.

Setiap sepeda memiliki nomor identifikasi yang dicetak pada bar seat tube berikut tahun produksinya. Pada bagian head tube terdapat “name plate” yang berupa palang putih dengan dasar merah, seperti bendera Swiss dengan bingkai perisai.

Sepeda ini memiliki bobot sekitar 23,6 kilogram dan setelah tahun 1946 model ini diproduksi dengan bobot kosong mencapai 21,8 kilogram. Dengan bobot ini, sepeda mampu mengangkut beban lebih dari satu kuintal.

Silakan baca: Penny-farthing, Makin Tenar Berkat Analogi Uang Koin Inggris

Percepatan tunggal

Condor MO-05 didesain dalam satu ukuran kerangka dengan tinggi 57 centimeter dan ditopang pelek ukuran 26 x 1-1/2 inci. Dalam hal mekanis MO-05 mengandalkan percepatan tunggal atau single speed, yakni dengan chainring 46 gigi dan sprocket belakang 20 gigi. Spesifikasi ini seperti kebanyakan sepeda militer.

Condor MO-05 dilengkapi dengan sistem pengereman ganda. Roda depan menggunakan spoon brakes atau rem tusuk. Pengereman dioperasikan dengan tuas rem tunggal yang terintegrasi paten pada setang, sedangkan roda belakang menggunakan sistem pengereman coaster brakes. Namun demikian, ada juga sepeda yang dipasang dengan sistem pengereman drum brakes sekaligus.

Setelah tak lagi digunakan di ranah militer, Condor MO-05 banyak dipakai kalangan sipil termasuk para penggemar atau kolektor. *

Silakan baca: Pelat Nama Sepeda, Representasi Identitas Perusahaan