BandungKlik – Candi Tikus merupakan situs cagar budaya yang terdapat di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Diperkirakan dibangun antara abad 13 sampai 14 Masehi.

Lokasinya di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Berjarak sekitar 13 km di sebelah tenggara kota Mojokerto. Posisinya berada di sisi kiri jalan, sekitar 600 m dari Candi Bajangratu.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa memulai perjalanan dari jalan raya Mojokerto-Jombang. Di perempatan Trowulan, belok ke timur melewati Kolam Segaran dan Candi Bajangratu yang terletak di sebelah kiri jalan.

Penamaan candi tersebut terbilang unik, nama ‘Tikus’ hanya merupakan sebutan yang digunakan masyarakat setempat. Konon, pada saat ditemukan, tempat candi ini berada merupakan sarang tikus.

Bangunan Candi Tikus yang semula telah terkubur dalam tanah ditemukan kembali pada tahun 1914. Penggalian situs dilakukan berdasarkan laporan Bupati Mojokerto, R.A.A. Kromojoyo Adinegoro, tentang ditemukannya miniatur candi di sebuah pekuburan rakyat. Pemugaran secara menyeluruh dilakukan pada tahun 1984 sampai dengan 1985.

Silakan baca: Candi Brahu di Mojokerto Berbentuk Unik nan Cantik

Hingga kini belum didapatkan sumber informasi tertulis yang menerangkan secara jelas tentang kapan, untuk apa, dan oleh siapa Candi Tikus dibangun. Namun dengan adanya miniatur menara diperkirakan candi ini dibangun antara abad 13 sampai 14 M, karena miniatur menara merupakan ciri arsitektur pada masa itu.

 

Klik halaman berikutnya