BandungKlik – Perhatikan pakaian Anda, tahukah motifnya? Ya, ternyata motif kain bukan hanya garis kotak-kotak yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Di luar motif tersebut, masih banyak corak unik di dunia mode yang dapat diaplikasikan. Sentuhan warna serta pemilihan material yang tepat tentu bisa meningkatkan kualitas penampilan seseorang menjadi lebih necis dan parlente.

Berikut adalah motif kain pada desain tekstil.

Stripe

Ini adalah motif garis, baik vertikal maupun horizontal. Motif stripe dengan garis vertikal bisa memberi kesan badan terlihat lebih ramping. Sebaliknya, motif stripe horizontal cenderung memberi kesan badan tampak lebih besar. Jangan salah, inilah motif kain paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Herringbone

Motif herringbone tersusun dari sekumpulan persegi panjang atau jajaran genjang yang membentuk pola zig-zag teratur. Sesuai namanya, motif herringbone punya susunan yang sama persis dengan struktur tulang ikan hering. Motif ini sangat populer di Eropa khususnya di Inggris Raya. Tweed, kain yang tenar dari Skotlandia, salah satu motifnya adalah herringbone.

Poleng

Poleng dikenal juga dengan nama motif papan catur (checkered) sebab punya bentuk kotak-kotak menyerupai papan catur. Makna di balik motif ini sebagai simbol keseimbangan alam. Oleh karena itu, jumlah kotak pada kain poleng harus sama. Di Indonesia, motif kain poleng (berupa sarung) banyak dipakai sebagai penunjang ibadah.

Houndstooth

Agak berbeda dengan motif poleng, houndstooth punya pola tekstil duotone yang ditandai dengan kotak-kotak berbentuk abstrak, runcing, dan tidak rata. Apabila dilihat sepintas motif ini menyerupai gigi anjing. Biasanya houndstooth memadukan warna hitam dan putih meskipun ada juga kombinasi dengan warna kontras lainnya.

Tartan

Dikutip dari @disbudpar.bdg, tartan termasuk ke dalam motif geometri. Akan tetapi, tartan lebih menekankan pada pola kotak-kotak yang terdiri dari garis vertikal dan horizontal. Pada motif ini, kedua garis tersebut saling menyilang dalam beberapa warna. Jika Anda penggemar kemeja flanel, motif ini tentu sudah tidak asing, bukan?

Nah, itulah lima motif kain yang sering kita jumpai di tengah gaya hidup sehari-hari. Motif-motif kain tersebut juga  masih punya variasi desain yang banyak digunakan untuk pakaian. *

Silakan baca: 

Tweed, Wol Kasar yang Tenar karena Salah Tulis

Sering Keliru, Ini Bedanya Scarf dan Bandana