Mengenal Aquascape yang Manjakan Mata dan Bikin Rileks

aquascape
Aquascape. (theaquariumguide).*

 

BandungKlik – Manjakan mata dengan aquascape, mengapa tidak? Selain memberikan nilai estetika juga menghadirkan pengalaman yang bikin rileks dan pikiran tenang.

Ya, aquascape memang bukan hobi baru. Akan tetapi, belakangan hobi ini makin dikenal dan digemari masyarakat di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat penggemar aquascape makin banyak.

Konon, hobi ini juga sudah ada sejak zaman kuno. Waktu itu, media atau wadah yang digunakan adalah mangkuk dari tanah liat atau batu. Pada abad ke-14, seorang kaisar Cina membuat wadah dari bahan porselen, seperti mangkuk lalu diisi ikan mas.

Perkembangan selanjutnya di pertengahan abad ke-19 ketika ahli botani Nathaniel Bagshaw menemukan sebuah kotak dengan isi hewan air dan tumbuhan tropis. Wadah tersebut dikenal dengan nama Wardian Case dan menjadi populer karena mudah dibawa atau dipindahkan.

Lantas, apa itu aquascape?

Secara umum, aquascape dibilang sebagai seni menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan sejumlah objek atau benda. Selain batu, seni ini juga terkadang memanfaatkan batang kecil kayu pohon dan diletakkan di dalam wadah atau akuarium, baik kaca maupun akrilik.

(theaquariumguide).*

Aquascape biasanya menggunakan air tawar dengan dekorasi detail mirip ekosistem aslinya. Selain lebih menghadirkan alam, hobi ini juga memelihara makhluk hidup khususnya tanaman air.

Hobi ini juga kerap disebut akuarium taman sebab lebih menekankan penataan tanaman air sebagai sebuah taman di dalam akuarium. Namun, adakalanya penghobi memasukkan sejumlah ikan hias kecil peliharaan ke dalam akuarium yang sudah ditata.

Adapun manfaat dan kelebihan aquascape ini antara lain sebagai interior rumah, sarana penenang pikiran dan media terapi, serta melatih dan mengembangkan kreativitas.

Perkembangan dunia hobi seni menanam dalam air ini terus meningkat termasuk lahirnya berbagai aliran cara menata aquascape. Sebut saja antara lain Dutch Style, Iwagumi Style, dan Natural Style. Anda tertarik hobi ini? *

 

Silakan baca: 

Arwana Super Merah, Warnanya Bikin Orang Jatuh Cinta

Ikan Cupang yang Indah Dipelihara di Rumah