BandungKlik – Cita rasa pedas dan kaya rempah menjadi ciri khas kuliner asal Sumatera Barat yang disukai banyak orang. Seperti rendang yang sudah diakui sebagai makanan terenak di dunia. Selain itu, ada juga Sate Padang yang juga digemari masyarakat.

Keistimewaan Sate Padang terletak pada daging yang diolah dengan aneka bumbu khas resep warisan nenek moyang. Sehingga menghasilkan sate yang lezat, kaya rempah, dan menggugah selera.

Sate Tanah Minang ini pun, ternyata memiliki ragam jenis dengan tampilan dan cita rasa yang berbeda berdasarkan daerah asalnya. Sedikitnya ada 3 jenis sate yang populer di kalangan masyarakat, antara lain:

1. Sate Padang Darek

Jenis ini lebih dikenal dengan sebutan Sate Padang Panjang. Ciri khasnya, mempunyai bumbu dengan tekstur yang kental. Terbuat dari tepung beras dan kunyit dalam jumlah banyak sehingga menghasilkan warna kuning kecokelatan.

Silakan baca: Aneka Hidangan Sate dari Berbagai Daerah di Jawa Tengah

Rasa sate ini tak diragukan lagi, dijamin enak. Perpaduan rasa pedas dan gurih lengkap dengan aroma rempah yang kuat akan membuat ketagihan.

2. Sate Danguang-Danguang

Sate Danguang Danguang

Berikutnya ada Sate Danguang-Danguang yang berasal dari daerah Danguang-Danguang. Letaknya berada di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Berbeda dengan sate lainnya, sate ini tak hanya menggunakan rempah-rempah, namun juga ditambah dengan kelapa parut. Sehingga menghasilkan rasa yang sangat gurih.

Tingkat kepedasannya pun masih di bawah sate Padang pada umumnya. Jadi cocok sekali bagi orang yang tidak begitu menyukai pedas. Sepintas sate ini mirip dengan Sate Darek, namun memiliki tekstur bumbu lebih encer.

3. Sate Padang Pariaman 

Sate Padang Pariaman

Sate yang satu ini berbumbu cenderung merah. Sebab dimasak dengan banyak cabai, berpadu belasan jenis rempah. Sehingga rasa rempahnya mendominasi dan pedas dibanding jenis sate khas Sumatera Barat lainnya.

Silakan baca: 15 Destinasi Wisata Kuliner Berbagai Kota di Indonesia

Itulah tiga jenis Sate asal Tanah Minang yang memiliki ciri khas tersendiri dan menggugah selera. Untuk harga cukup terjangkau, seporsi sate dijual mulai dari Rp20.000 lengkap dengan ketupat.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel