BandungKlikYogyakarta memang selalu menjadi destinasi menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga maupun teman. Hampir di setiap daerahnya terdapat objek-objek wisata yang menarik, mulai dari alam, budaya, hingga wisata edukasi. Seperti Bukit Panguk Kediwung salah satunya, objek wisata alam yang menarik di Kabupaten Bantul.

Destinasi wisata yang satu ini menyajikan panorama alam dari ketinggian yang mantap betul. Meski baru dibuka pada 2016, tetapi pesonanya sudah mencuri hati banyak wisatawan dari dalam maupun luar Yogyakarta.

Di Bukit Panguk Kediwung, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dan instagrammable banget buat menjadi spot foto. Cocok pula sebagai tempat untuk melepas kepenatan.

Menariknya lagi, pengelola tempat ini sudah menyediakan beberapa gardu pandang yang terbuat dari kayu dan bambu. Dibangun sengaja menjorok ke arah bibir tebing, sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan di bawah bukit yang eksotis. Tampak juga aliran panjang Sungai Oya yang membelah hamparan bukit hijau.

Gardu pandang yang tersedia pun tidak tampil biasa-biasa saja. Namun memiliki bentuk desain yang unik, hingga terlihat sangat cantik untuk spot foto. Ada yang berbentuk jembatan memanjang, sayap kupu-kupu, kereta kuda, perahu layar, dan masih banyak lagi.

Letaknya terbagi dua, di bagian timur dan selatan Bukit Panguk Kediwung. Gardu pandang di sebelah timur sangat cocok untuk melihat matahari terbit di pagi hari (sunrise). Sementara yang di selatan menyuguhkan view pegunungan yang berjajar.

Silakan baca: Gumuk Pasir Parangkusumo, Hamparan Pasir Unik di Bantul

Kedua gardu tersebut sama-sama menawarkan panorama yang luar biasa dan tidak boleh pengunjung lewatkan saat liburan di Yogyakarta. Untuk menikmati pemandangan di gardu pandang di sisi timur, harus membayar Rp 3000,- dengan durasi waktu 3 menit. Sedangkan untuk yang di bagian selatan masih gratis.

Sajian Sunrise dan Sunset

Bagi yang ingin menikmati sunrise dan sunset selain di pantai, bisa memilih Bukit Panguk Kediwung sebagi alternatifnya.  Ketika pagi hari, momen matahari terbit akan tampak di antara hamparan kabut pagi yang lembut berbalut udara pagi yang segar.

Terlebih buat para pecinta fotografi, tempat ini akan memanjakan kalian untuk berburu foto yang menawan di pagi hari. Sebaiknya datang setelah subuh atau sekitar pukul 05.00 WIB untuk memperoleh sunrise yang sempurna.

Destinasi wisata Yogyakarta ini pun sudah buka sejak pagi hari. Hingga tak heran jika melihat pengunjung sudah memenuhi lokasi sejak pagi buta untuk berburu sunrise. Jangan lupa untuk mengetahui informasi cuaca sebelum datang ke sini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini memang ketika musim kemarau.

Wisatawan yang tak bisa berkunjung pagi, jangan kecewa dulu karena saat sore hari pesona Bukit Panguk Kediwung tidak kalah indahnya. Tempat ini akan menyuguhkan suasana sore yang syahdu lengkap dengan angin semilir yang bikin nyaman.

Lokasi & Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Lokasi wisata bukit tersebut terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menjangkaunya, dari pusat Kota Yogyakarta bisa arahkan perjalanan menuju ke selatan, tepatnya ke Jalan Imogiri Timur.

Dari situ, ikuti jalan hingga menemukan Pasar Imogiri, terus belok kiri dan lanjutkan perjalanan ke arah Dlingo. Mulai dari sana, akan mulai melihat petunjuk jalan menuju Bukit Panguk Kediwung.

Kondisi jalan ke sana pun sudah diaspal mulus, hanya konturnya sedikit naik turun tapi masih dalam kategori aman. Sangat direkomendasikan untuk memakai kendaraan pribadi karena akses kendaraan umum belum tersedia.

Silakan baca: Wisata Susur Gua Cerme, Tempat Pertemuan Walisongo

Sebagai tempat wisata, Bukit Panguk ini sudah menyediakan fasilitas pendukung yang sudah cukup lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, musala, kamar mandi, dan warung makanan. Untuk masuk ke sini, wisatawan cukup bayar biaya masuk Rp3000,- dan ongkos parkir sebesar Rp2000,-.*