Mencoba 5 Aktivitas Seru Ekowisata di Sumatera Utara

ekowisata Sumatera Utara
Orangutan di TN Gunung Leuser.

 

BandungKlik – Berwisata ramah lingkungan kini sedang digandrungi para traveler. Aktivitas wisata yang langsung bersentuhan dengan potensi alam dan turut menjaga kelestariannya. Seperti melakukan aktivitas di destinasi ekowisata yang ada di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Di sana, wisatawan bisa mengunjungi rumah bagi orangutan, bunga langka di dunia, dan menikmati panorama danau vulkanik terbesar di dunia berada. Berikut ini ada 5 aktivitas seru ekowisata di Sumatera Utara yang bisa Anda coba.

Bertemu spesies terancam punah di TN Gunung Leuser

Sumatera Utara memiliki ekowisata yang terdapat satu-satunya habitat di mana badak, gajah, dan orangutan tinggal bersama. Tempatnya di Taman Nasional (TN) Gunung Leuser. Taman nasional yang bisa melihat secara langsung orangutan.

Ketiga hewan di atas hidup bersama sekitar 750 spesies hewan dan sekitar 10.000 spesies tumbuhan lainnya. Di situ, wisatawan berkesempatan menikmati hutan hujan pegunungan yang rimbun tanpa mengganggu satwa liar yang hidup di dalamnya.

Dengan berkunjung dan menjelajahi keanekaragaman hayati di Taman Nasional ini, kita pun turut mendukung komunitas lokal dan organisasi konservasi yang bekerja melindungi ratusan spesies flora dan fauna di sana.

Trekking ke kawah Gunung Sibayak

Ekowisata Gunung Sibayak Sumatera Utara
Ekowisata Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung berapi di Sumut yang terkenal dengan asap uap belerang dan matahari terbitnya yang berwarna keemasan. Destinasi ini pun ideal untuk melakukan aktivitas trekking yang bertanggung jawab (responsible trekking).

Bagi yang gemar bertualang dapat memulai perjalanan dari dua titik, yakni sebelah barat laut Berastagi atau dari dasar Gunung Sibayak. Dari sana, bisa menjelajahi panorama air terjun, kemudian melakukan perjalanan ke hutan eksotis.

Sampai di puncak, wisatan akan dipuaskan dengan pemandangan awan dan asap belerang yang keluar dari lubang ventilasi gunung berapi. Jika cuaca sedang cerah, panorama Gunung Sinabung pun akan terlihat dari kejauhan.

Sebelum berangkat ke sana, pastikan untuk mengemas kebutuhan ekowisata yang diperlukan. Seperti botol air minum yang dapat digunakan kembali, peralatan makan, makanan, minuman, dan pakaian hangat. Agar tidak tersesat, terutama karena perubahan cuaca yang tiba-tiba, ada baiknya untuk menggunakan jasa pemandu wisata di sana.

Mencicipi kopi lokal di Berastagi

Kopi Berastagi Sumatera Utara
Kopi Berastagi Sumut

Tanah subur dan cuaca tropis yang hangat, menjadikan Sumut mampu menghasilkan biji kopi terbaik dunia. Lokasinya di daerah Berastagi, dekat Danau Toba, dimulai pada tahun 1884 dan terus berkembang pesat hingga kini.

Berkat kekayaan rasanya, kopi asal Sumatera pun dijadikan salah satu dasar campuran kopi di Starbucks. Di sana, Anda bisa mengikuti tur kopi di dekat Danau Toba, lantas menikmati secangkir kopi lokal sambil mempelajari proses produksinya.

Temukan rafflesia raksasa di Bukit Lawang

Raflesia arnoldi di Sumatera Utara
Raflesia Arnoldi, bunga raksasa di dunia

Bisa dibayangkan betapa senangnya kala melihat langsung bunga terbesar di dunia yang berukuran 1 meter di alam bebas. Bunganya dikenal dengan nama Rafflesia arnoldi.

Hal itu bisa terwujud saat mengunjungi Bukit Lawang, sebuah destinasi wisata di tepi TN Gunung Leuser, Sumut. Jika beruntung, kita dapat berkesempatan melihat bunga raksasa ini sedang mekar pada saat perjalanan ekowisata di sekitar area tersebut.

Jelajahi Danau Toba

Ekowisata danau toba
Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia

Tak lengkap rasanya saat perjalanan ekowisata ke Sumut tanpa mengunjungi Danau Toba. Danau dengan luas permukaan sekitar 1.145 km2 dan kedalaman sekitar 450 meter ini, diakui sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau Toba menyajikan panorama pegunungan yang menakjubkan dan pengalaman budaya yang tak terlupakan. Di sana, bisa juga bersantai di pemandian air panas Sipoholon serta dapat belajar tentang budaya kuno daerah di Pulau Samosir, yang terletak di tengah danau.

Selain itu, Danau Toba juga merupakan danau terbesar kelima di dunia. Tak heran, kini kawasan tersebut didaulat menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Silakan baca: Bukit Panenjoan, Spot Keren Hunting Foto Panorama Hijau

Itulah 5 aktivitas seru ekowisata di Sumut yang bisa Anda coba. Namun satu hal penting yang harus dilakukan yakni berwisatalah dengan ramah lingkungan. Kita harus melindungi dan menghormati satwa liar dan lingkungannya, serta mendukung masyarakat setempat.

Jangan lupa, jika Anda berencana untuk berwisata, tetap perhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun secara rutin.*

 

Sumber & Foto: indonesia.travel