Mencicipi Pacri Nanas, Gulai Vegetarian Khas Pontianak

Pacri Nanas Pontianak
Pacri nanas atau gulai nanas dari Pontianak. (dok. pesona.travel/Kemenparekraf)

 

BandungKlik – Gulai biasanya identik dengan masakan berbahan utama daging sapi atau ayam dengan kuah gurih. Namun berbeda dengan kota Pontianak, Kalimantan Barat yang mempunyai gulai versi vegetarian alias tanpa bahan daging. Namanya Pacri Nanas  atau disebut juga Gulai Nanas.

Pacri Nanas berbahan utama buah nanas sebagai pengganti daging. Meski berbahan buah-buahan, namun gulai nanas tersebut memiliki cita rasa yang lezat.

Kuliner ini termasuk masakan khas Melayu yang terbuat dari potongan buah nanas yang diberi bumbu gurih dan lezat. Sekilas bumbu yang melumurinya tampak seperti masakan gulai pada umumnya berwarna kemerahan. Jika sudah disantap barulah terasa keistimewaan rasa dari gulai ini.

Masyarakat setempat menyantap gulai nanas biasanya bersama nasi, sambal ebi, dan sayur terong. Secara penampilan gulai nanas mirip acar dengan rasa asam, manis, dan asin bercampur menjadi perpaduan yang sempurna.

Rasa segar dan harum buah nanas dipadu dengan cabai merah dan aroma bunga lawang. Tekstur nanas yang lembut, berserat, berbalut rasa segar, dan berbumbu, membuat siapa saja mudah jatuh hati pada hidangan tersebut.

Silakan baca: Lempah Kuning Bangka, Hidangan Ikan Laut Kuah Kuning

Dalam masakan pacri nanas terdapat sekitar 15 jenis rempah dan bumbu. Maka tak heran jika rasanya sangat gurih, beraroma wangi, dan lezat. Rasa gurih yang dominan berasal dari santan kental.

Sedangkan aroma gulai nanas yang menggoda berasal dari perpaduan antara pala, kapulaga, sereh, bunga lawang, cengkeh, dan kayu manis. Cita rasanya semakin sempurna karena ditambah bawang putih, bawang merah, dan cabai yang kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Selain populer di Kalimantan Barat, ternyata gulai nanas atau pacri nanas juga dapat kita temukan di beberapa daerah di Indonesia lainnya, seperti Aceh dan Medan, Sumatera Utara.*