BandungKlik – Bongko Arosbaya merupakan kuliner khas yang berasal dari Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan legit seperti banyak jajanan di Yogyakarta.

Sejarah kelahiran Bongko Arosbaya tidak diketahui secara pasti, namun konon kabarnya, bongko telah ada lebih dari setengah abad yang lalu. Menurut salah satu penjualnya, resep bongko diperoleh secara turun temurun.

Nama ‘bongko’ muncul karena pada awalnya kue ini hanya dibuat dan dijual di rumah bukan di warung. Kata bongko dalam bahasa Madura yaitu “bungkoh” yang berarti rumah atau tempat tinggal. Kebiasaan orang Madura mempermudah pengucapan, serta menyingkat kata atau kalimat inilah yang mungkin tanpa sadar mengubah bungkoh menjadi bongko.

Kudapan manis nan legit tersebut dibuat dari bahan-bahan yang tergolong sederhana dan mudah didapat. Terdiri dari tepung beras, gula pasir, santan kelapa, serta daun pandan.

Cara pembuatannya diawali dengan merendam beras semalaman, terus pada pagi harinya digiling menjadi tepung. Kemudian tepung itu diaduk dengan perasan santan kelapa, ditambah gula dan bumbu khusus.

Silakan baca: Aneka Kuliner Khas Indonesia yang Ramah Vegetarian

Setelah itu, siapkan daun pisang sebagai pembungkus. Daun pisangnya harus dijemur terlebih dahulu. Jika sudah sedikit layu baru bisa dipakai untuk membungkus bongko. Sehingga membuat hasilnya akan lebih maksimal.

Kemudian adonan tepung bongko tadi dimasukkan ke dalam tum yang dari daun pisang tersebut. Dilanjutkan dengan mengukusnya di atas kompor selama kurang lebih satu jam.

Varian Rasa

Bila berkesempatan berkunjung ke Arosbaya, Bangkalan, wisatawan bisa menemukan penjual bongko di beberapa jalan protokol. Biasanya, penjual bongko menggunakan sepeda motor dan box plastik atau ada juga yang menjajakannya di pinggir jalan dengan sekadar ditata di atas meja.

Ada banyak varian rasa bongko yang ditawarkan, diantaranya putih atau original, pisang, mutiara, dan yang terbaru rasa coklat dan coklat pisang. Dibanderol dengan harga yang sangat ramah di kantong. Untuk satu bungkus bongko seharga Rp4000, kecuali khusus untuk rasa coklat pisang dibanderol dengan harga Rp5000, -.

Silakan baca: Kota Wisata Batu Cocok untuk Destinasi Bulan Madu

Seiring waktu, kini bongko sudah naik kelas dan cukup populer di sana. Sejumlah kantor atau instansi di Bangkalan sering menghidangkan bongko sebagai sajian rapat, menjamu tamu, atau di acara-acara lainnya di kantor. Bahkan saat ini, bongko menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura.*

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Jawa Timur