BandungKlik – Cilacap di Jawa Tengah yang berlokasi di pesisir pantai selatan, membuat ragam kulinernya tak lepas dari bahan olahan laut. Salah satunya yang menjadi kuliner khas Cilacap, yakni  Brekecek Pathak Jahan.

Meski telah lama ada di tengah masyarakat Cilacap, namun brekecek pathak jahan resmi menjadi kuliner khas Cilacap pada tanggal 6 November 2014. Selain brekecek pathak jahan, juga ada brekecek basur.

Brekecek sendiri merupakan gabungan kata dari “brek” dan “kecek”. Brek berarti dijatuhkan atau diletakkan dan kecek artinya dikecek atau dicampur. Jadi, brekecek ini adalah cara memasak yang meletakkan bahan dasarnya lalu dicampur dengan bumbu yang khas.

Kemudian untuk “pathak” berarti kepala, dan “jahan” yaitu jenis ikan yang diolah ikan jahan. Jadi, pathak jahan adalah bagian kepala dari ikan jahan. Daging atau badan ikan jahan biasanya diolah menjadi ikan asin yang populer disebut ikan asin jambal roti.

Hidangan ini dimasak dengan bumbu dapur yang umum dijumpai, seperti cabai merah, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, dan kemiri. Bisa ditambah cabai rawit untuk mendapatkan sensasi pedas.

Setelah dihaluskan, campuran bumbu tersebut dimasak bersama dengan pathak jahan. Tidak lupa menambahkan daun kemangi dan perasan jeruk agar bau amis dari pathak jahannya berkurang.

Jika sudah matang, brekecek pathak jahan siap disantap bersama nasi putih hangat dan cah taoge agar lebih nikmat. Sensasi menyeruput daging di antara tulang kepala ikan jahan yang membuat kuliner tersebut disukai. Ditambah bumbu dengan rasa pedas, gurih, dan asin meresap di daging berpadu, membuat ketagihan.

Silakan baca: Lempah Kuning Bangka, Hidangan Ikan Laut Kuah Kuning

Bagi yang tertarik untuk mencoba sensasi kelezatan brekecek pathak jahan, bisa langsung menikmatinya di rumah makan dekat pantai di Cilacap. Jika tak suka ikan, bisa juga menikmati brekecek basur yang tidak kalah nikmatnya.

Jangan lupa juga membawa oleh-oleh khas Cilacap untuk dibawa pulang. Seperti kerupuk tengiri, keripik yutuk, stik sukun, dan masih banyak lagi lainnya.*