Mencicipi Bingka Bakar Batam, Kue Khas Orang Melayu

Bingka Bakar
Bingka Bakar Batam. (@nayadambatam)

 

BandungKlik – Saat berlibur ke Batam, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan kue Bingka Bakar. Bingka atau bika merupakan kue manis tradisional etnis Melayu-Riau. Juga dikenal luas di Pulau Sumatera dan wilayah lain tempat etnis tersebut berada.

Bingka bakar dari Pulau Batam memiliki perbedaan dengan bika di wilayah lain, termasuk kue bika dari Medan. Perbedaannya terletak pada cara memasaknya. Sesuai namanya, bingka bakar khas Batam dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, bukan di kukus.

Umumnya, bingka bakar dibuat dari tepung, telur, santan, gula, dan garam. Kemudian dicetak dan dibentuk menyerupai bunga yang sedang mekar. Dengan cita rasa yang paling khas beraroma pandan.

Namun seiring perkembangan zaman, kini bingka bakar sudah banyak dimodifikasi dengan beragam pilihan rasa. Seperti coklat, keju, strawberry, moka, wijen, jagung, durian, kacang, dan rasa lainnya.

Silakan baca: Pilihan Resort di Batam yang Pas Buat Liburan Keluarga

Kue manis tersebut bertekstur lembut dengan rasa yang tidak terlalu manis. Sangat cocok disantap bersama teh hangat pada sore hari maupun kopi di pagi hari.

Asal-usul

Konon, pada mulanya bingka bakar merupakan suguhan kerajaan untuk para sultan Melayu. Hanya dapat dinikmati kalangan bangsawan dan keluarga kerajaan yang tinggal di istana. Serta disajikan pada upacara-upacara tertentu untuk menghormati tamu-tamu kerajaan.

Lama-lama resep kue khusus ini kian menyebar di kalangan masyarakat awam dan dikembangkan secara luas sebagai hidangan penutup yang populer. Meski sudah menjelma menjadi kue modern dengan rasa yang beragam, tetapi bentuk bunga mekarnya tetap dipertahankan. Sehingga menjadi ciri khas bingka bakar sedari dulu.

Jika wisatawan penasaran dengan kue ini, bisa mencoba bingka bakar Nayadam. Salah satu merek kue bingka bakar yang terkenal di Batam.

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan bingka bakar Nayadam di banyak toko hingga di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Nayadam telah berhasil mengubah kue tradisional ini menjadi camilan populer dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Batam.

Silakan baca: Surabi, Kudapan Sedap Teruji Sepanjang Hari

Kudapan manis Nayadam tersebut juga dapat dibeli di outlet resminya yang berlokasi di Ruko Puri Legenda, Blok D1 No 03, Batam Centre, Batam, Kepri.*

 

 

Sumber: indonesia.travel