BandungKlik – Indonesia memiliki belasan ribu pulau, baik kecil maupun besar termasuk pulau terluar yang indah di perbatasan. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dianugerahi bentang alam yang memukau mencakup daratan dan lautan.

Panorama yang memukau tersebut juga dapat dilihat di pulau-pulau terluar yang membentang di perbatasan. Berikut enam pulau terluar Indonesia yang sohor akan keindahan alamnya:

1. Pulau Rote

Berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur terhampar memukau. Inilah pulau paling selatan di Indonesia yang terkenal akan keindahan pantai-pantainya.

Pantai Nemberala adalah salah satunya. Pasir putih pantai ini menjadi magnet datangnya wisatawan khususnya yang punya hobi berselancar. Spot berselancar terbaik di Pulau Rote ini memiliki gulungan ombak setinggi 7 meter yang menantang. Jika ingin menikmati suasana yang tenang, wisatawan bisa datang ke Pantai Telaga Nirwana yang terkenal akan airnya yang sebening kristal.

2. Pulau Natuna

Dari dulu hingga sekarang, Pulau Natuna termasuk pulau terluar Indonesia yang punya destinasi wisata yang eksotis. Bentang alam yang menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Jika sedang berada di pulau tersebut, kita bisa mengunjungi Pantai Teluk Buton dan Pantai Sahi. Selain itu, ada Pulau Senua yang populer dengan pusat konservasi penyu dan wisata edukasi. Di sana, kita bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti snorkeling melihat ratusan terumbu karang yang indah.

3. Pulau Marampit

Berikutnya adalah Pulau Marampit di Sulawesi Utara. Terhampar seluas 12 kilometer persegi, pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina ini punya tiga kampung, yaitu Kampung Marampit, Kampung Laluhe, dan Kampung Dampulis.

Beragam aktivitas yang menyenangkan bisa dilakukan di pulau ini. Wisatawan bisa melakukan diving atau menyelam sekaligus menjelajah pulau. Aktivitas lainnya yang menarik adalah wisata sejarah mengunjungi benteng karst peninggalan Kerajaan Bantek, serta melihat langsung flora dan fauna endemik.

4. Pulau Weh

Terletak di ujung barat Nusantara, Pulau Weh dikenal sebagai “Surga di Ujung Barat Indonesia.” Ada banyak potensi wisata yang memukau di pulau utara di Provinsi Aceh ini, berjarak 10 menit dari Kota Sabang.

Bagi pencinta sunrise, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Iboih sekaligus menenangkan diri sembari menikmati panorama matahari terbit. Di pantai ini, kita juga dapat menikmati keindahan batuan alam yang eksotis berpadu dengan pasir putih keemasan yang berkilau. Bila Anda pencinta diving, bawah laut di Pantai Sumur Tiga adalah rekomendasi yang tepat untuk dijelajahi.

5. Pulau Miangas

Berikutnya adalah Pulau Miangas yang berbatasan dengan Filipina tepatnya di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Inilah pulau terluar di bagian darat Indonesia paling utara.

Dikenal dengan sebutan “Palamas”, Pulau Miangas punya banyak destinasi wisata terutama pantai yang mengagumkan. Salah satunya adalah Pantai Merra yang terkenal akan pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang menyegarkan. Oleh karena lokasinya yang tersembuyi, kebersihan pantai ini tetap terjaga dengan baik.

6. Pulau Liki

Pernah mendengar nama pulau ini? Ya, Pulau Liki terhampar indah di hadapan Samudera Pasifik, tepatnya di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Selain berhadapan dengan Samudera Pasifik, pulau ini juga berbatasan dengan Papua Nugini.

Destinasi wisata andalan pulau ini adalah pantai yang putih bersih berpadu dengan gradasi air laut yang jernih. Begitu jernihnya, wisatawan bisa langsung melihat biota laut dengan mata telanjang. Jika beruntung, kita bisa melihat gerombolan lumba-lumba yang sering muncul siang hari. *

Silakan baca:

Sebelas Pulau di Indonesia dengan Nama Satwa