Teras rumah adalah salah satu tempat favorit bagi keluarga. Mengapa? Umumnya teras menampilkan suasana asri atau hijau berkat tanaman yang di tanam di area tersebut khususnya tanaman hias.

Selain membuat suasana terasa lebih segar, menanam tanaman di teras juga memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun lingkungan sekitar. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menanam agar apa yang kita lakukan memberikan manfaat yang optimal.

Perhatikan kondisi teras

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah memperhatikan kondisi teras secara keseluruhan, seperti jumlah sinar matahari, suhu, dan kelembapan udara. Pilihlah tanaman yang cocok dengan kondisi tersebut.

Jika teras rumah Anda mendapat banyak sinar matahari maka pilihlah tanaman yang tahan terhadap sinar matahari secara langsung. Sebaliknya, jika teras memiliki lebih banyak area teduh maka pilihlah tanaman yang dapat tumbuh baik dan maksimal di bawah sinar matahari sedang atau cukup.

Ukuran tanaman

Berikutnya adalah memperhatikan luas teras rumah karena akan menentukan ukuran tanaman. Jangan sampai Anda memilih tanaman yang terlampau besar untuk ukuran teras mungil sehingga membuat teras terlihat sempit. Begitupun sebaliknya. Tanaman yang cukup besar ideal ditanam di teras yang cukup luas untuk menghadirkan kesan sejuk dan seimbang.

Jenis tanaman

Setelah memperhatikan kondisi dan ukuran teras, hal penting berikutnya adalah menentukan jenis tanaman. Tentu saja, untuk hal ini bergantung juga pada selera Anda dan dekorasi rumah. Adapun beberapa tanaman hias umum yang paling cocok untuk teras antara lain palem, snake plant atau lidah mertua, philodendron, kaktus, dan monstera.

Jika Anda ingin menambahkan tanaman buah, tanaman stroberi adalah pilihan tepat. Namun, tanaman ini lebih menyukai cuaca dingin dan tidak terkena langsung sinar matahari.

Perawatan

Ini sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya memilih tanaman yang cocok dengan tingkat kemampuan Anda merawatnya. Misalnya, pilih tanaman kaktus jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya, tapi ingin menanamnya di teras. Kaktus adalah jenis tanaman yang tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dan sedikit perawatan.*

Silakan baca:

Mau Bikin Terarium? Ini Sejarah dan Manfaatnya