BandungKlik – Masjid Kubah Emas di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, kehadirannya terbilang fenomenal. Mulai dibangun pada 2001, masjid bernama asli Masjid Jami Dian Al-Mahri diresmikan pada 2006 bertepatan dengan Idul Adha.

Dengan luas 8.000 meter persegi, masjid ini dapat menampung sampai 20 ribu jemaah. Berikut keistimewaannya.

Kubah terbuat dari emas 24 karat

Keunikan dan keistimewaan masjid ini paling utama ada pada kubah dan ornamen dekoratifnya. Dengan lima kubah berlapis emas 24 karat, Masjid Kubah Emas adalah satu dari tujuh masjid di dunia yang berkubah emas. Seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 hingga 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama tampak seperti kubah Taj Mahal di India dan masjid khas Persia. Lima kubah yang didatangkan dari Italia tersebut, satu besar dan empat kecil, menunjukkan jumlah rukun Islam.

Adapun enam minaret berbentuk segi enam atau heksagonal melambangkan rukun iman. Menara tersebut menjulang setinggi 40 meter. Semua menara dibalut batu granit abu-abu dengan ornamen melingkar yang didatangkan dari Italia. Di puncak menara juga terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.

Arsitektur nuansa Timur Tengah

Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Emas mirip tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah. Cirinya ada pada kubah, minaret, plaza atau halaman dalam, dan penggunaan detail ornamen atau hiasan dekoratif.

Di bagian dalam banyak pilar kokoh yang menciptakan suasana ruang yang megah dan lampu-lampu indah yang menghiasi langit-langit masjid. Warna monokrom mendominasi ruang bagian dalam dengan unsur utama krem yang memberi karakter ruang yang tenang dan hangat.

Lantai yang terbuat dari marmer didatangkan dari Turki dan Italia. Di bagian tengah ruangan tergantung lampu dari kuningan besar dan megah berlapis emas. Selain kubah dan menara, relief hiasan di tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat.

Pemasangan emas

Material emas pada kubah menggunakan tiga teknik pemasangan. Pertama, prada atau serbuk emas terpasang di mahkota atau pilar. Kedua, gold plating terlihat pada lampu gantung, pagar, tangga, ornamen kaligrafi di langit-langit dan ornamen dekoratif di atas mimbar mihrab. Ketiga, gold mozaik digunakan pada kubah utama dan minaret.

Sejak selesai dibangun hingga sekarang, Masjid Kubah Emas termasuk salah satu destinasi wisata religi favorit. Kemegahan dan keindahan masjid ini menjadi daya tarik masyarakat Muslim untuk berkunjung. *

 

Silakan baca:

Masjid Agung Natuna Tampil Megah Mirip Taj Mahal

Masjid Tiban, Berdiri Unik dengan Kisah Aneh