BandungKlik – Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mempunyai segudang objek wisata pantai yang memesona. Bahkan di antara pantai-pantai tersebut masih dalam kondisi yang alami. Seperti salah satunya Pantai Jungwok.

Pantai yang satu ini kini semakin tenar, terutama di kalangan anak muda. Pasalnya tempat ini menjadi spot camping di tepi pantai yang aduhai. Jadi wisatawan bisa merasakan camping dengan sensasi berbeda dari yang umumnya dilakukan di pegunungan.

Enaknya lagi, Pantai Jungwok ini menghadirkan suasana sepi dan damai, namun masih minim fasilitas. Sehingga banyak yang melakukan kegiatan berkemah di kawasan pantai tersebut. Tak sedikit pula yang datang hanya untuk sekadar menikmati pesona pantai ini.

Begitu tiba di pantai yang satu ini, wisatawan akan terpana dengan lanskap pasir putih, ombak, dan lautan yang membentang luas. Dengan latar perbukitan hijau di sekitar pantai. Benar-benar terasa seperti pantai pribadi, bakal membuat kalian puas menenangkan diri dan merelaksasi tubuh serta pikiran.

Silakan baca: Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul yang Memukau

Selain itu, ombak di Pantai Jungwok Gunungkidul tidak terlalu besar karena terhalang karang di sekitar pantai. Kala air sedang surut, wisatawan pun bisa melihat hamparan karang yang sangat luas. Di sisi pantai juga terdapat tebing karang yang menjadi spot nelayan setempat berburu lobster.

Lokasi Pantai Jungwok Gunungkidul

Destinasi wisata pantai di Yogyakarta ini, berlokasi di sebelah timur kawasan Pantai Wediombo. Berjarak kurang lebih satu kilometer, dengan rute yang sama. Dekatnya lokasi kedua pantai tersebut, sehingga wisatawan pun dapat sekalian mampir ke Pantai Wediombo.

Rute perjalanan menuju objek wisata ini, bisa wisatawan mulai dari Kota Yogyakarta. Jaraknya mencapai 80 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Melalui rute Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Wonosari-Semanu-Jepitu-Pantai Jungwok atau Pantai Wediombo.

Jika sudah tiba di tempat parkir wisata pantai ini, wisatawan bisa lanjut menuju Pantai Jungwok dengan berjalan kaki. Melalui jalan setapak dan rimbunnya pohon pandan laut.

Silakan baca: Menyusuri Pesona Keindahan Gua Jomblang Gunungkidul

Setibanya di lokasi pantai, wisatawan akan disambut hamparan pasir putih dan sebuah pulau karang seperti di Pantai Drini. Bedanya, pantai karang di sini terlalu menjorok ke laut, jadi tidak bisa dikunjungi.*