Mayoritas Orang Pakai Jam Tangan di Kiri, Ini Penjelasannya

jam tangan kanan kiri
Jam tangan dengan mahkota di sisi kanan. (youtube).*

 

BandungKlik – Mayoritas orang di dunia memakai jam tangan di tangan kiri. Apakah termasuk Anda?

Bukan hanya karena fungsinya, jam tangan juga kerap digunakan untuk gaya sehari-hari. Setiap orang punya kebiasaan masing-masing saat mengenakannya. Ada yang mengenakannya di tangan kiri, ada juga yang mengenakannya di tangan kanan.

Mungkin ada yang masih bingung?

Secara umum, orang memakai jam tangan di pergelangan tangan yang tidak dominan. Orang kidal cenderung memakai jam tangan di tangan kanan. Sebaliknya, orang yang bukan kidal lazimnya memakai di tangan kiri.

Namun demikian, hal tersebut bukan pedoman umum sehingga sama sekali bukan aturan yang mutlak. Banyak orang hanya merasa mengenakan jam tangan di salah satu pergelangan yang lebih nyaman, terlepas dari tangan mereka.

Maksudnya, jika orang-orang lebih nyaman memakainya di tangan kiri maka pakailah. Sebaliknya, jika orang-orang lebih nyaman memakainya di tangan kanan juga silakan sekalipun bukan orang kidal.

Beberapa orang mengklaim ada sejumlah alasan psikologis, bahkan menunjukkan kepribadian yang dominan dan makna lainnya. Ini cerita yang berbeda karena miliaran orang di dunia hanya punya pilihan kiri atau kanan. Tentunya, saat memakai jam tangan yang disukainya.

Mahkota kiri

Satu hal yang perlu diketahui bahwa kebanyakan jam tangan dirancang dengan mahkota di sebelah kanan kotak arloji, bahkan sejak abad ke-18. Silakan perhatikan arloji Anda?

Mayoritas penduduk dunia tidak kidal sehingga mengenakan jam di tangan kiri yang tidak dominan, ternyata ini alasan utamanya. Para produsen membuat jam tangan agar lebih nyaman bagi mereka yang memakainya di tangan kiri saat beraktivitas sehari-hari. Misalnya, meminimalisasi risiko arloji terkena benturan.

Dengan begitu, arloji termasuk mahkotanya tetap terjaga dan memudahkan penggunaannya tanpa harus melepaskannya dari pergelangan.

Jam tangan Tudor Pelagos dengan mahkota di sebelah kiri. (truefacet).*

Akan tetapi, sejumlah perusahaan telah memproduksi arloji dengan mahkota di sebelah kiri. Kategori ini dikenal sebagai “Destro” (bahasa Italia untuk kanan). Destro menonjolkan mahkota di sisi kiri kotak arloji bagi orang-orang yang mengenakan arloji di pergelangan tangan kanan. Untuk orang-orang kidal? Tentu saja bagi semua orang meskipun mahkota di kiri fungsinya lebih mudah digunakan oleh orang kidal. *

 

Silakan baca: 

5 Merek Jam Tangan Mewah Populer Debut Perdana Abad 20

Jam Tangan Mewah Pemain Bintang Liverpool, Harganya?