Matur Nuwun Prameks, Sugeng Rawuh KRL Jogja – Solo

krl jogja solo
KRL Yogyakarta – Solo. (dok. @commuterline).*

 

BandungKlik – Selasa (9/2/2021) menjadi perjalanan hari terakhir bagi KRD Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Yogyakarta – Solo. Sebagai gantinya adalah KRL Yogyakarta – Solo yang sudah beroperasi sepenuhnya mulai Rabu (10/2/2021).

Pada lintas Yogyakarta – Solo Balapan, Prameks sudah melayani pelanggannya selama 27 tahun sejak resmi beroperasi tahun 1994. Matur Nuwun Prameks, Sugeng Rawuh KRL Jogja – Solo.

“Kita ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jogja – Solo dengan kereta KRL untuk memberikan pengalaman baru dan budaya baru,” ujar Direktur Utama PT PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, Kamis (10/2/2021).

KRL Yogyakarta – Solo akan dioperasikan oleh anak perusahaan PT KAI yaitu KAI Commuter. Didiek berharap, pelayanan kereta api Indonesia melalui KAI Commuter semakin baik dan semakin bermanfaat bagi masyarakat dalam membangun ekosistem transportasi yang terintegrasi.

Seturut Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, KRL ini akan melayani naik dan turun penumpang di sebelas stasiun. Yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan. Waktu tempuh perjalanannya rata-rata 68 menit. Ini lebih cepat ketimbang perjalanan KRD Prameks yaitu rata-rata 75 menit dengan pemberhentian di tujuh stasiun.

Selain waktu tempuh, kapasitas KRL juga lebih banyak. Dengan total empat kereta di setiap trainset-nya, KRL pada masa normal dapat melayani 1.600 orang dalam sekali perjalanan. Akan tetapi, pada masa pandemi Covid-19 kapasitasnya dibatasi hanya 74 orang per kereta. Kecepatan maksimal KRL ini bisa mencapai 90 km/ jam, sedangkan KA Prameks 78-80 km/jam.

Sementara itu untuk perjalanan KRD Prameks seturut Gapeka 2021, mulai 10 Februari 2021 relasinya menjadi Yogyakarta – Kutoarjo dengan total delapan perjalanan. Waktu tempuhnya sekira 75 menit dan melayani naik dan turun penumpang di lima stasiun, yaitu Yogyakarta, Wates, Wojo, Jenar, dan Kutoarjo.

Adapun besaran tarif KRL Yogyakarta – Solo Rp 8 ribu (flat) sekali perjalanan, sama seperti tarif KRD Prameks Yogyakarta – Kutoarjo. *

Silakan baca:

Pantai Indrayanti, Primadona Wisata Bahari di Yogyakarta