Masuk Bandung Wisatawan Tak Wajib Tes Cepat Antigen

antigen oded
Ketua Komite Kebijakan Daerah Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M Danial didampingi anggota Forkopimda Kota Bandung memberikan keterangan pers usai rapat terbatas Forkopimda Kota Bandung, Jumat (18/12/2020) di Balai Kota Bandung. (Dok. humas.bandung.go.id). *

 

BandungKlik – Pemerintah Kota Bandung tidak mewajibkan tes cepat (rapid test) Covid-19 antigen kepada wisatawan yang datang ke Kota Bandung menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Beberapa daerah yang menerapkan aturan khusus menjelang libur Natal dan Tahun 2021 antara lain DKI Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Dalam penyampaian resmi, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyatakan, pihak pemerintah kota memutuskan untuk tidak mewajibkan wisatawan melakukan tes cepat antigen. Namun, pihaknya akan tetap melakukan pengetatan dan pengawasan di lapangan khususnya terkait penerapan protokol kesehatan.

“Tadi sudah dibahas panjang lebar kalau pakai rapid test akan berabe saya kira ya. Tadi diputuskan tidak ada surat rapid test,” tutur Oded di Balai Kota Bandung, Jumat (18/12/2020).

Pada kesempatan itu, Oded menyatakan juga rasa optimistisnya. Ia optimistis kasus Covid-19 di Kota Bandung tidak akan melonjak meski wisatawan tidak menyertakan surat hasil tes cepat antigen.

“Insyaallah mudah-mudahan tidak. Asal kita perketat di sini insyaallah,” ucap Oded yang juga Ketua Komite Kebijakan Daerah Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan, keputusan tidak mewajibkan tes cepat antigen didasari sejumlah pertimbangan. Salah satunya agar kebijakan yang diambil tidak membingungkan masyarakat. Apalagi, metode tes cepat Covid-19 antigen belum banyak diketahui masyarakat.

“Kalau kita mensyaratkan secara mutlak rapid test antigen itu, bisa dibayangkan bagaimana aktivitas ekonomi yang mulai kembali menggeliat bakal terdampak,” tutur Ema. “Yang paling penting bagi kita adalah mereka (wisatawan) melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat,” katanya mengimbuhkan.

Menurutnya, banyak wisatawan yang sudah memesan hotel di Kota Bandung untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Kendati demikian, masih kata Ema, kebijakan tes cepat antigen bakal diterapkan jika situasi wabah tidak menunjukkan perkembangan yang baik. *

Silakan baca:

Oded Imbau Wisatawan Tak Datang ke Kota Bandung