Masjid Kuno Bayan Beleq Lombok Berusia 500 Tahun Lebih

Masjid Kuno bayan beleq
Masjid Kuno Bayan Beleq Lombok, NTB.

 

BandungKlik – Selain sohor karena wisata baharinya, Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga dijuluki sebagai pulau 1000 masjid karena saking banyaknya masjid di sana. Di antara masjid-masjid tersebut, yang tertua di Lombok yaitu Masjid Kuno Bayan Beleq.

Lokasi Masjid Bayan Beleq terletak di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Diperkirakan dibangun sekitar 500 tahun yang lalu. Tak seorang pun tahu siapa yang membangun masjid ini.

Banyak versi soal misteri asal-usul masjid tersebut. Salah satu versi menyebutkan bahwa yang membangun masjid ini adalah Syeh Gaus Abdul Razak. Ia merupakan salah seorang penyebar agama Islam di Bayan, kemudian membangun pada sekitar abad ke-16.

Sementara itu, ada versi lainnya sebagaimana disampaikan Raden Palasari, juru kunci Masjid Bayan Beleq. Menurutnya, bahwa masjid ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh Sunan Prapen.

Silakan baca: Kendi Maling Unik Asal Desa Wisata Banyumulek NTB

Keunikan lain dari masjid kuno ini, tidak setiap saat digunakan. Hanya dipakai pada saat perayaan seperti Idulfitri, Iduladha, Maulid Nabi, Tahun Baru Islam, dan kegiatan besar keagamaan lainnya.

Bagi Anda yang penasaran untuk menemukan keunikan Masjid Bayan Beleq, bisa kalian datang langsung, rencanakan liburan kalian ke destinasi wisata yang satu ini.