Masjid Agung An Nur, Taj Mahal-nya Pekanbaru Riau

Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur Riau dijuluki Taj Mahal-nya Pekanbaru. (dok. Simas.Kemenag)

 

BandungKlik – Kota Pekanbaru, Provinsi Riau memiliki masjid menyerupai bangunan Taj Mahal di India. Masjid ini dinamai Masjid Agung An Nur. Diresmikan pada 27 Rajab 1388 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 1968.

Masjid Agung An-Nur Riau yang kini berdiri megah bukanlah bangunan asli hasil pembangunan tahun 1966 dan diresmikan tahun 1968. Namun merupakan bangunan hasil renovasi total dan pembangunan kembali pada tahun 2000.

Dari pembangunan tahun 2000 tersebut, luas lahan masjid bertambah tiga kali lipat dari sebelumnya yang hanya seluas 4 hektar menjadi 12.6 hektar. Arsitekturnya memadukan gaya Melayu, Arab, Turki, dan India.

Bangunan utama masjid yang berukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya, membuat masjid ini mirip dengan Taj Mahal. Masjid dengan dominasi warna hijau ini terdiri dari 3 lantai dan mampu menampung hingga 4.500 jemaah.

Masjid Taj Mahal-nya Pekanbaru ini juga memiliki 5 kubah dan 4 menara. Saat malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Ditambah dengan luasnya halaman, menjadi ruang terbuka hijau yang nyaman bagi masyarakat setempat.

Silakan baca: Ini 5 Destinasi Moslem Friendly Tourism di Indonesia

Selain itu, Masjid Agung An-Nur juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Saat bulan Ramadan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, pengunjung bisa berbelanja beragam kuliner untuk menu berbuka atau membeli aneka aksesoris seperti kopiah, kerudung, tasbih, parfum, dan masih banyak lagi.*

 

Sumber: riau.go.id