Mangut Lele, Masakan Kaya Rempah Khas Yogyakarta

Mangut Lele Yogyakarta
Lele bahan utama mangut lele sedang dibakar terlebih dahulu. (dok. pesona.travel)

 

BandungKlik – secara umum masakan “mangut” merupakan masakan ikan berkuah dengan bumbu kaya rempah mirip gulai. Kuliner inipun tak asing lagi di Jawa Tengah dan Yogyakarta, perbedaannya hanya dari jenis ikan yang dipakai. Di Yogyakarta terkenalnya dengan mangut lele.

Kehadiran mangut lele di Yogyakarta kini semakin banyak. Beberapa rumah makan yang khusus menjajakan masakan ini cukup mudah dijumpai. Para wisatawan yang datang ke Yogyakarta pun tak sedikit yang mengincar kuliner tersebut, terutama para pecinta hidangan pedas.

Seperti di Kota Yogyakarta saja, ada dua rumah makan yang terkenal menyajikan kuliner mangut lele ini, yaitu Mangut Lele Yu Temu dan Mangut Lele Mbah Marto. Sajian mangut di kedua rumah makan hampir sama, hanya dibedakan bumbu rempah rahasia masing-masing.

Mangut lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto. (@mangut.lele.jogja)

Proses untuk memasak mangut lele, sama seperti membuat masakan mangut pada umumnya. Diawali dengan mengasap ikan lele di atas kepulan asap dari bara batok kelapa. Setelah matang, selanjutnya dimasak dan dicampur dengan bumbu rempah rahasia.

Ciri khasnya bercita rasa pedas, kaya bumbu rempah dan cabai yang dimasak bersama ikan lele. Meski harus bercucuran keringat akibat kepanasan dari makanan pedas, namun mangut lele membuat ketagihan setiap orang yang menyantapnya. Agar bertambah nikmat usai makan mangut lele yang pedas, ditutup dengan segelas es teh manis.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu 

Keunikan lain dari rumah makan mangut lele di atas, pembeli harus mengambil sendiri ke dalam dapur rumah makan yang penuh kepulan asap. Dari depan pintu masuk pun, aroma hidangan mangut sudah tercium. Hingga membuat siapa saja yang lewat di depannya tergoda untuk mencicipi makanan ini.*