Manfaat Manggis yang Menakjubkan bagi Kesehatan

buah manggis
Buah manggis punya banyak manfaat penting bagi kesehatan.

 

BandungKlik – Manggis (Garcinia mangostana) dikenal sebagai buah tropis yang eksotis dengan rasa agak manis dan asam. Meski berasal dari Asia Tenggara tetapi dapat dijumpai di berbagai wilayah tropis di seluruh dunia.

Buah ini terkadang disebut sebagai manggis unggu lantaran warna ungu tua pada kulitnya berkembang saat matang. Sebaliknya, bagian dalam yang berair berwarna putih cerah.

Berikut manfaat manggis yang menakjubkan bagi kesehatan:

Sangat bergizi

Manggis relatif rendah kalori tetapi memberikan banyak nutrisi penting. Untuk 196 gram atau satu porsi manggis kalengan yang dikeringkan mengandung kalori 143, karbohidrat 35 gram, serat 3,5 gram, lemak 1 gram, dan protein 1 gram. Vitaminnya terdiri dari vitamin C 9% dari RDI (asupan harian), vitamin B9 (folat) 15% dari RDI, vitamin B1 (tiamin) 7% dari RDI, vitamin B2 (riboflavin) 6% dari RDI.

Kandungan lainnya adalah mangan 10% dari RDI, tembaga 7% dari RDI, dan magnesium 6% dari RDI. Nutrisi tersebut penting untuk mempertahankan banyak fungsi dalam tubuh.

Kaya antioksidan yang kuat

Buah ini mengandung vitamin dengan kapasitas antioksidan serta kelas senyawa antioksidan unik yang dikenal sebagai xanthone.

Memiliki sifat antiinflamasi

Xanthone yang ditemukan dalam manggis dapat berperan dalam mengurangi peradangan.

Punya efek antikanker

Senyawa tanaman tertentu dalam manggis termasuk xanthone punya efek antioksidan dan antiinflamasi. Ini dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Menurunkan berat badan

Dalam industri kesehatan dan kebugaran, salah satu klaim ketenaran manggis terbesar adalah potensinya untuk membantu penurunan berat badan.

Mendukung kontrol gula darah

Senyawa tumbuhan dan serat pada manggis dapat berperan dalam penurunan gula darah. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat

Serat dan vitamin C dalam manggis penting untuk sistem kekebalan sistem tubuh yang sehat, meningkatkannya dan mengurangi peradangan.

Silakan baca: Buah Belimbing, Apakah Baik untuk Anda?

Silakan baca: Terbukti, Ini 9 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

(dok. naturaljuices.co.uk).*

Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dan antiinflamasi pada manggis dapat melindungi sel kulit dari kerusakan yang terkait dengan paparan sinar matahari dan penuaan.

Manfaat potensial lainnya dari “queen of fruit” ini adalah berdampak positif pada jantung, otak, dan sistem pencernaan.

Daging bagian dalam buah dapat dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam smoothies atau salad buah untuk menambah rasa yang lezat. Buah ini juga banyak dibuat jus atau suplemen dalam bentuk bubuk. *

Silakan baca: Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji

Silakan baca: Top 9 Manfaat Mengkonsumsi Semangka

 

Sumber dan foto: healthline.com