Manfaat Luar Biasa Daun Mint Bagi Kesehatan

daun mint
Daun mint. (dok. healthshots.com/ shutterstock).*

 

BandungKlik – Manfaat daun mint tidak hanya sekadar menambah rasa pada makanan. Tumbuhan yang termasuk ke dalam genus Mentha ini dikenal karena sensasi mendinginkan, kesegaran, dan aroma. Misalnya, dalam segelas mojitos.

Karena sifatnya yang serbaguna, daun mint juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasannya:

Membantu meredakan sakit perut

Daun mint bersifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan di perut. Tak hanya itu, daun ini pun membantu meredakan gangguan pencernaan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaya akan fosfor, kalsium, dan vitamin seperti A, C, D, dan E, daun mint meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan melindungi sel dari kerusakan apa pun sehingga mengurangi risiko penyakit kronis.

Silakan baca:

Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji

Membuat kulit bebas jerawat

Sifat antiinflamasi dan antibakterinya menenangkan kulit untuk mengobati jerawat. Daun mint mengandung asam salisilat tingkat tinggi yang dikenal untuk melawan jerawat dan noda.

Mengobati masalah pencernaan

Daun mint membantu mengobati masalah pencernaan seperti mual dan morning sickness. Ini mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk pencernaan dan meredakan mual. Baik juga bagi ibu hamil yang sering mengalami mual di pagi hari.

Membantu penderita alergi dan asma

Antioksidan dan antiinflamasi yang kuat yang disebut asam rosmarinic ada dalam daun ini. Manfaatnya memblokir senyawa penghasil alergi sehingga membantu meredakan alergi dan asma.

Silakan baca:

Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Meredakan flu

Jika Anda sedang berjuang melawan flu yang parah, cobalah daun ini. Mint membantu membersihkan hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang tersumbat. Dengan demikian, ini membantu mengobati flu dan pernapasan. Antibakteri yang terkandung dalam daun ini juga membantu meredakan iritasi akibat batuk.

Menjaga kesehatan mulut

Pernahkah Anda bertanya mengapa banyak pasta gigi yang berbahan dasar mint? Itu karena sifat antibakterinya. Kandungannya menghambat pertumbuhan bakteri dan membersihkan pengendapan wabah di gigi. Selain itu, mint membunuh bakteri dan mengalahkan bau mulut, menjaga kesehatan mulut dan gigi secara alami.

Membantu mengelola stres

Aroma mint pada daun ini sangat menenangkan dan banyak digunakan dalam aromaterapi untuk mengatasi stres. Tak hanya itu, aroma yang diberikannya membantu membuat rileks otak dan tubuh sehingga pikiran lebih tenang. Mint juga punya sifat adaptogenik yang mengatur kadar kortisol dan membangun ketahanan alami terhadap stres. *

 

Sumber: healthshots.com