BandungKlik – Pistachio termasuk makanan (kacang) populer di dunia karena kandungan nutrisinya yang melimpah dan manfaatnya bagi kesehatan. Kacang ini juga termasuk salah satu oleh-oleh paling favorit jemaah haji dan umrah.

Nutrisi penting dalam makanan ini dapat mendukung penurunan berat badan, kesehatan usus, kontrol gula darah, dan kesehatan jantung. Faktanya, biji pohon Pistacia vera ini mengandung lemak sehat dan sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik.

Mengutip dari healthline.com, berikut sembilan manfaat pistachio bagi kesehatan berdasarkan bukti.

1. Sarat nutrisi

  • Dalam 1 ons atau 28 gram atau sekitar 49 pistachio mengandung nutrisi:
  • Kalori: 159
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 13 gram
  • Kalium: 6% dari nilai harian (DV)
  • Fosfor: 11% dari DV
  • Vitamin B6: 28% dari DV
  • Tiamin: 21% dari DV
  • Tembaga: 41% dari DV
  • Mangan: 15% dari DV

Khusus vitamin B6 penting untuk beberapa fungsi tubuh, termasuk pengaturan gula darah dan pembentukan hemoglobin, yaitu molekul yang membawa oksigen dalam sel darah merah. Selain itu, dalam 1 ons mengandung lebih banyak potasium daripada setengah pisang besar.

2. Tinggi antioksidan

Makanan ini kaya akan lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata. Selain itu, antioksidan paling banyak yang dikandungnya, yaitu polifenol dan tokoferol dapat melindungi dari kanker dan penyakit jantung.

3. Rendah kalori, tapi tinggi protein

Berbeda dengan kacang lainnya yang biasanya tinggi kalori, pistachio justru termasuk kacang berkalori paling rendah. Dengan protein sekitar 14% dari kandungan kalorinya, kacang ini menempati urutan kedua setelah almond dalam hal kandungan protein.

4. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun dikenal sebagai makanan padat energi, kacang-kacangan termasuk salah satu makanan yang paling ramah menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pistachio yang kaya akan serat dan protein meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda makan lebih sedikit.

5. Mempromosikan bakteri usus yang padat

Oleh karena tinggi serat, kacang berwarna hijau ini dapat meningkatkan jumlah bakteri yang menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti butirat.

6. Dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Tinjauan terhadap 21 penelitian menemukan bahwa makan pistachio mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 1,82 milimeter merkuri (mmHg). Selain itu, menurunkan tekanan darah distolik sebesar 0,8 mmHg.

7. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah

Ini dikarenakan kacang berkulit putih tersebut kaya akan L-arginin yang bila diubah menjadi oksida nitrat dapat membantu melebarkan pembuluh darah.

8. Menurunkan gula darah

Meskipun memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi ketimbang kebanyakan kacang, pistachio memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar. Kacang lezat ini juga kaya akan karotenoid dan senyawa fenolik yang bermanfaat untuk pengendalian gula darah. Oleh karena itu, menambahkannya ke dalam menu diet dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam jangka panjang.

9. Lezat disantap

Sebagai camilan sehat dan lezat, kacang ini juga menarik sebagai hiasan salad. Pada kondisi lain warna hijau atau ungu pistachio dapat ditambahkan sebagai topping yang indah ke dalam berbagai hidangan makanan penutup.*

Silakan baca:

Selain Air Zamzam, Ini 8 Oleh-Oleh Populer Jemaah Haji