Mandalika Layak Jadi Venue Wisata Olahraga

mandalika
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan triathlon di Mandalika. Kawasan ini layak jadi venue penyelenggaraan wisata olahraga. (Dok. kemenparekraf).*

 

BandungKlik – Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat layak menjadi venue penyelenggaraan wisata olahraga. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Hal tersebut dikatakannya usai melakukan serangkaian olahraga secara terus-menerus alias triathlon. Sandiaga mengawali olahraga dengan berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan. Lalu, bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel. Setelah itu, ia berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, olahraga yang dilakukannya sebagai bagian dari persiapan komunitas sport tourism untuk event internasional. Event ini mulai menggunakan Mandalika—salah satu destinasi superprioritas (DSP), yang fokus pada wisata olahraga.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism,” ujar Sandiaga, Sabtu (16/1/2021), dikutip dari kemenparekraf.go.id.

Pada kesempatan itu, Kemenparekraf mengajak komunitas berkoordinasi dengan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk mulai menyusun event-nya sepanjang tahun 2021. Tujuannya untuk meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP agar gaungnya terasa di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer mengatakan, Mandalika memang disiapkan menjadi destinasi wisata olahraga. Tahun ini, kata dia, sedikitnya ada 5 event internasional yang bakal digelar di kawasan DSP tersebut.

Event dimulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L-etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100.

Kawasan Mandalika yang memesona terhampar di atas lahan 1.100 hektare. Di sana ada lima pantai yang indah dan sejumlah bukit yang bisa digunakan untuk olahraga lainnya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landing-nya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf,” kata Mansoer. “Intinya, Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia.” *

Silakan baca:

Kemenparekraf Dukung Ekosistem Mangrove Jadi Ekowisata