Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji

jus jambu biji
Jambu biji punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dimakan langsung, buah ini bisa dibuat jus yang menyegarkan. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Buah jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain dapat dimakan langsung, jambu biji baik dikonsumsi dalam bentuk jus. Dikutip dari healthline, ini 8 manfaatnya:

1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Ekstrak jambu biji dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes atau mereka yang berisiko.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kadar kalium dan serat larut yang lebih tinggi dalam jambu biji dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung. Ekstrak buahnya dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Membantu meringankan gelaja sakit menstruasi

Mengkonsumsi ekstrak buah dan daun jambu biji setiap hari dapat membantu mengurangi gejala nyeri haid termasuk kram.

Silakan baca:

Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Yuk Cari Manfaatnya

4. Bermanfaat bagi sistem pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Oleh karena itu, mengkonsumsinya dapat membantu pergerakan usus yang sehat, mengurangi diare, dan mencegah sembelit.

5. Membantu menurunkan berat badan

Buah asal Amerika Tengah ini dikenal sebagai makanan ramah penurun berat badan. Dengan 37 kalori dalam satu buah dan 12 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan, jambu biji adalah camilan rendah kalori yang mengenyangkan.

6. Memiliki efek antikanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada jambu biji dapat membantu mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker.

7. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Satu butir jambu biji menyediakan sekitar dua kali lipat Reference Daily Intake (RDI) untuk vitamin C. Vitamin C punya peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Buah ini dapat menjaga kadar vitamin C yang cukup untuk melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

8. Menjaga kulit tetap terkondisi

Antioksidan dalam jambu biji dapat melindungi kulit dari kerusakan yang dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, membantu mencegah keriput.

Jika akan dibuat jus, Anda bisa siapkan 3-4 jambu biji ukuran sedang. Tambahkan dua gelas air dan satu sendok makan gula pasir atau sebanyak yang dibutuhkan lalu diblender. Untuk menghasilkan jus yang maksimal dari daging buah, gunakan saringan saat menuangkannya ke dalam gelas. *

Silakan baca:

Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan