BandungKlik – Pengemudi punya peran yang vital akan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Namun, tidak dimungkiri, ada beberapa tipe pengemudi yang berbahaya, yakni membahayakan diri sendiri dan dapat merugikan pengendara lain.

Mengutip dari @dishubkotabandung, sedikitnya ada lima tipe pengemudi berbahaya yang tidak pantas untuk ditiru. Berikut ulasannya.

1. Pengemudi ragu-ragu

Para pengemudi tipe ini kebanyakan punya keragu-raguan. Ini bisa berbahaya, mau belok kanan atau lurus? Mau ambil jalur tengah atau kanan? Ya, adakalanya mereka menyalakan lampu sen ke kiri atau kanan, tetapi tidak belok dan melaju pelan. Selain itu, mereka bisa tiba-tiba berbelok semaunya tanpa melihat kendaraan lain di belakangnya. Akibatnya, pengendara di belakangnya bisa tidak fokus dan menjadi sumber bahaya bagi pengendara lain.

2. Pengemudi agresif

Tipe ini sangat mengganggu. Mereka biasanya mayoritas berusia muda dengan jam terbang yang minim, emosinya belum stabil dan sering show off. Cirinya, pengemudi ini suka mengebut dengan kecepatan tidak konsisten, melaju zig-zag tanpa isyarat lampu sen, akselerasi dan deselerasi yang kasar.

3. Pengemudi egois

Perlu dipahami bahwa jalan raya milik bersama. Namun, hal ini sering kali dilupakan oleh pengemudi motor atau mobil yang egois. Biasanya tipe pengendara ini tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menyalip kendaraannya. Sebaliknya, mereka maunya diberi jalan saat mereka mendahului kendaraan lain.

4. Pengemudi provokatif

Saat kondisi lalu lintas macet atau berhenti menunggu traffic light, pernahkah Anda mendengar bunyi klakson berkali-kali? Mereka seakan tak sabar dan ingin cepat-cepat jalan. Nah, ini adalah salah satu tipe pengemudi provokatif yang berpotensi memancing emosi pengendara lain untuk berbuat kesalahan atau melanggar aturan di jalan raya.

5. Pengemudi multitasking

(rac.co.uk).*

Mengemudikan kendaraan adalah aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Teledor sedikit bisa berakibat fatal, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi, saat mengemudi dianjurkan tidak melakukan kegiatan lain, seperti merokok, makan, minum, berdandan, menonton video dan menggunakan ponsel. Jelas, hal ini akan memecah konsentrasi pengemudi dan menjadi tidak fokus. *

Silakan baca: 

Tujuh Tips Aman Berkendara Saat Hujan