BandungKlik – Salah satu kegiatan olahraga sembari menikmati panorama yang banyak peminatnya di Indonesia adalah mountain bike atau sepeda gunung. Selain menantang seperti menjajal perbukitan dan memacu adrenalin, olahraga ini juga menyenangkan karena umumnya didasari hobi dan komunitas.

Lantas, di mana saja kita bisa bermain sepeda gunung?

Cikole, Bandung

Tempat terbaik untuk menjajal sepeda gunung pertama adalah Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Trek di Cikole kerap menjadi incaran para pencinta olahraga ini lantaran memiliki jalur yang menantang dan beragam.

Membentang di seputar Gunung Tangkuban Parahu, di Cikole terdapat dua jalur favorit. Pertama, trek sepeda gunung downhill yang dilengkapi beragam rintangan. Kedua, trek All Mountain yang didominasi tanah dan bebatuan kecil sepanjang 16,5 kilometer.

Cihuni, Tangerang

Trek Cihuni memiliki tingkat kesulitan yang beragam. Misalnya, trek Cihuni Hill Park 1 di sebuah bukit di Desa Cijantra atau dikenal dengan Gunung Batu. Meskipun jalurnya terbilang pendek, tetapi bersepeda di Cihuni cukup menguras tenaga. Mengapa? Sebab, treknya berliku dan penuh dengan tanjakan dan turunan yang bersambung.

Cisaruni, Garut

Jalur atau trek bersepeda di Cisaruni menyuguhkan panorama alam khas perkebunan teh yang menyegarkan dan memanjakan mata. Walaupun tampak menenangkan, tetapi faktanya, trek Cisaruni yang mencapai 30 kilometer terkenal menantang, medan yang unik, dan tentunya memacu adrenalin.

Sidomukti, Semarang

Tempat menjajal sepeda gunung terbaik berikutnya adalah Sidomukti, Semarang. Meski panjang lintasannya sekira 1,5 kilometer, tetapi lintasan sepeda gunung Sidomukti tergolong trek dengan rintangan (obstacle) yang menantang. Rintangan yang memacu adrenalin tersebut antara lain berupa jembatan, speed jump, rock garden, dan double jump.

Wonogondang, Yogyakarta

Pilihan tempat terbaik lainnya adalah Wonogondang, Yogyakarta. Berada di sekitar lereng Gunung Merapi, trek ini dikenal unik karena sebagian terbentuk dari proses yang alami. Panorama memukau di sekitar lintasan ini menjadi nilai plus bagi para pesepeda.*

Silakan baca:

Lima Tempat Wisata di Jabar bagi Pencinta Satwa Liar