BandungKlik – Menu buka puasa atau iftar memang sangat beragam, mulai dari makanan ringan, buah-buahan hingga makanan yang berasal dari olahan tanaman. Bahkan, tanaman ini gampang tumbuh dan bisa ditanam di pekarangan rumah.

Berikut ini BandungKlik sajikan lima tanaman yang biasanya ada di meja makan sebagai hidangan buka puasa yang di setiap daerah atau negara berbeda-beda. Kalau di Indonesia?

1. Mentimun suri

Tak syak lagi, mentimun suri selalu hadir di tengah Ramadan. Tentu saja, keberadaannya sebagai buah yang kerap menjadi melengkap menu berbuka puasa. Tanaman buah ini memang berbeda dengan mentimun sayur karena karakter daging buahnya yang sangat lembut dan mengandung banyak air. Tak heran, mentimun suri kerap hadir di tengah sup buah.

2. Cincau

Tanaman atau daun cincau sangat mudah tumbuh sekaligus cepat panen. Tanaman yang daunnya tumbuh merambat ke atas ini kerap ditemui di dalam hidangan iftar meski sudah berupa olahannya (tidak lembaran daun). Biasanya cincau ini disajikan sebagai minuman bercita rasa manis dan dingin.

3. Blewah

Blewah boleh dibilang buah pemegang level tertinggi dalam sajian buka puasa. Tak heran, peminat buah dari tanaman menjalar ini sangat banyak dan hampir disukai semua kalangan. Buah mirip melon ini biasanya dijadikan sebagai menu minuman dingin dan kerap disajikan bersama biji selasih di dalamnya.

4. Biji Selasih

Biji selasih berasal dari tanaman selasih. Tentu saja, yang dipanen adalah bijinya. Tanaman yang masih kerabat dengan kemangi ini biasanya hadir sebagai pelengkap minuman dingin. Sup buah, es buah biji selasih, es timun serut, dan es cincau adalah beberapa menu minuman yang biasanya makin sedap jika ada biji selasih di dalamnya.

5. Labu kuning

Labu kuning—seperti mentimun suri—boleh dibilang “buah Ramadan”. Mengapa? Buah ini biasanya, diolah menjadi kolak dengan cita rasa manis yang umumnya ramai saat Ramadan. Kadangkala, dalam sebuah hidangan, labu kuning dimasak bareng pisang dan kolang kaling. Selain kolak, labu kuning sedap juga dijadikan puding.

Nah, itulah lima tanaman yang menjadi sahabat saat berbuka puasa. Mana favorit Anda?*

 

Silakan baca: 

Buah Kurma untuk Buka Puasa, Ini 5 Manfaatnya!

Doa Berbuka Puasa Menurut Hadis Sahih