BandungKlik – Mau jalan-jalan ke Kabupaten Sumedang? Berikut BandungKlik sajikan lima objek wisata di Sumedang yang sudah bersertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environtment Sustainability).

Seturut data dari Inmendagri No. 6 Tahun 2022, Kabupaten Sumedang termasuk salah satu wilayah di Jawa Barat yang masuk kategori PPKM Level 2. Ada banyak objek wisata yang cocok dikunjungi anak-anak ataupun keluarga.

1. Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa

Cijambu, Kecamatan Tanjungsari

Rekreasi bersama keluarga termasuk membawa serta anak-anak bisa menjadi ajang untuk melepas penat, menjalin keakraban, dan membangun nilai-nilai edukasi. Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa mungkin menjadi salah satu opsi Anda. Di sana, wisatawan dapat menikmati suasana alam yang masih asri dan sejuk. Banyak fasilitas pendukung, seperti wahana jembatan gantung, kereta anak, kolam berenang, berkemah, dan papalidan alias river tubing.

2. Wisata Kampung Ciherang

Cijambu, Kecamatan Tanjungsari

Objek wisata ini menawarkan keindahan alam yang cocok bagi wisatawan yang merindukan suasana tenang. Wisata Kampung Ciherang, sesuai namanya,  akan memanjakan wisatawan dengan sejumlah fasilitas seperti kolam renang alami yang jernih (herang) yang bersumber dari pegunungan. Ada juga arung jeram mini dan outbond. Jika berlibur ke sana, wisatawan juga bakal dimanjakan dengan barisan pohon pinus.

3. Tanjung Duriat

Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu

Wisata Tanjung Duriat berada di pesisir barat laut Bendungan Jatigede. Objek wisata ini menyajikan indahnya panorama di sekitar bendungan tersebut dari atas bukit yang menjorok ke arah bendungan. Wisatawan dapat menikmati suasana sambil bersantai di gazebo, view deck atau teras pandang, dan ayunan. Jika ingin bermalam, pengelola menyediakan fasilitas berkemah.

4. Wana Wisata Cipadayungan

Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka

Wana Wisata Cipadayungan menyajikan kawasan hutan di lereng gunung dengan pemandangan yang indah. Ini adalah lokasi wisata yang cocok bagi Anda yang gemar berkemah. Selain bumi perkemahan, wana wisata ini menawarkan fasilitas area taman hutan, flying fox dan Curug Cipadayungan yang eksotis.

5. Kampung Karuhun Eco Green Park

Jl. Pagarbetis, Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan

Kampung Karuhun Eco Green Park merupakan kawasan atau taman perkemahan yang menghadirkan suasana pegunungan hijau dan asri. Di kampung ini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas luar ruang yang menantang sekaligus menyenangkan. Ada waterboom, zip bike, river tubing, offroad, dan lain-lain.*

Silakan baca: 

Mengunjungi Curug Gorobog di Sumedang Selatan

Curug Cinulang, Keindahan Dua Air Terjun Kembar