BandungKlik – Berencana tamasya ke Kabupaten Kuningan? Seturut data dari Inmendagri No. 5 Tahun 2002, kabupaten berjuluk Kota Kuda saat ini masuk kategori PPKM Level 2. Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Berikut adalah rekomendasi lima objek wisata bersertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environtment Sustainability) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

1. Waduk Darma

Desa Jagara, Kecamatan Darma

Waduk Darma termasuk salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Kuningan. Panorama telaga ini demikian memesona dan memanjakan mata. Wisatawan dapat mencoba berbagai fasilitas rekreasi bersama keluarga, seperti menumpang perahu motor untuk mengelilingi waduk. Di lokasi ini wisatawan juga terdapat wahana bermain anak-anak, flying fox, mini train hingga area untuk berkemah.

2. Teras Cibulakan

Taman Nasional, Trijaya, Mandirancan

Ini merupakan vila perdesaan dengan pesona alam yang indah. Teras Cibulakan dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi dan hiburan, seperti karaoke, biliar, tenis meja, ruang pertemuan, dan kolam renang. Di lokasi objek wisata ini, wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk dengan pemandangan Gunung Ciremai yang menakjubkan.

3. Telaga Biru Cicerem

Jalan Kaduela, Kecamatan Pasawahan

Apa yang menjadi daya tarik objek wisata ini? Telaga Biru Cicerem dikenal di kalangan wisatawan karena menyajikan telaga yang jernih kebiruan. Jernihnya telaga ini membuat sekelompok ikan dan bebatuan di dasar air terlihat dari permukaan. Banyak spot menarik dan indah yang bisa dijadikan sebagai latar foto di tengah panorama yang indah dan memanjakan mata.

4. Batu Luhur

Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan

Ingin melihat Kabupaten Kuningan dan Cirebon dari ketinggian? Di sini tempatnya: Batu Luhur, tepatnya dari lereng Gunung Ciremai. Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati sejumlah wahana rekreasi, seperti flying fox, kolam renang, dan jembatan “petualangan”. Tempat ini adalah salah satu favorit wisatawan yang merindukan suasana sunyi dan sejuk.

5. Sangkan Resort Aqua Park

Jalan Raya Bandorasa KM 12, Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus

Ini merupakan destinasi wisata yang menggabungkan wisata air dengan akomodasi. Di sana terdapat waterboom terbesar sekaligus pertama di kawasan Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan (Ciayumajakuning). Selain wahana permainan air, wisatawan juga bisa melihat beragam satwa di Eco Mini Zoo, bermain paintball, dan outbond.*

Silakan baca: 

Lima Destinasi Wisata Alam Favorit di Kuningan

Bertemu Ikan Dewa di Kolam Cigugur Kuningan