BandungKlik – Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, memiliki banyak objek wisata yang populer dan sebagian di antaranya sudah bersertifikat CHSE. Saat ini, kabupaten yang terkenal akan buah nanasnya ini masuk kategori PPKM Level 1.

Objek wisata alam dan artifisial di Kabupaten Subang sering kali didatangi banyak pengunjung keluarga maupun rombongan, terutama saat akhir pekan. Tentu saja wisatawan menginginkan suasana yang aman, nyaman, dan bersih saat tamasya.

Berikut lima objek wisata bersertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di Kabupaten Subang.

1. TWA Tangkuban Parahu

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu punya banyak daya tarik wisata, seperti panorama dan wahana permainan outbond. Gunung ini tercatat sebagai TWA yang punya banyak kawah, seperti kawah Ratu, kawah Upas, dan kawah Domas.

2. Sari Ater Hot Spring

Berendam Kolam Air Panas Alami
Sejumlah wisatawan sedang berendam di aliran kolam air panas alami Curug Jodo, Sari Ater. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

Ini merupakan wahana yang menyajikan sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu. Sumber mata air panas ini disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik. Tentunya, wisatawan bisa mengunjunginya sembari menikmati panorama pegunungan yang asri.

Silakan baca: Lima Air Terjun Eksotis di Subang, Ada yang 100 Meter

3. Asstro Highlands Ciater

Objek wisata ini menawarkan wisata perkebunan teh dan spot foto Instagramable. Terletak di kawasan pegunungan, wisatawan yang berkunjung bakal menikmati udara sejuk dan memanjakan mata. Pihak pengelola Asstro Highlands Ciater juga menyediakan fasilitas berkemah dan restoran.

4. Wisata Alam Capolaga

capolaga subang
Wisata Alam Capolaga, Subang. (dok. wisatacapolaga.business.site)

Wisatawan tidak hanya dapat menikmati panorama kebun teh yang hijau dan pegunungan yang menyejukkan. Di lokasi ini wisatawan bisa sekaligus menikmati beragam fasilitas yang mengasyikkan, seperti berkemah, flying fox, trekking, bird watching, dan agrowisata. Air terjun yang indah dan sungai-sungai yang jernih melengkapi indahnya kawasan Wisata Alam Capolaga ini.

5. Muara Jambu Recreation & Camp

Objek wisata ini menawarkan lokasi berkemah dengan panorama yang indah. Selain itu, Muara Jambu Recreation & Camp menyajikan beragam fasilitas lainnya, seperti homestay, kolam renang, dan objek wisata alam air terjun. *

 

Silakan baca: Capolaga Subang, Camping Ground dengan Tiga Curug