Lima Manfaat Buah Tin yang Melegenda

manfaat buah tin
(Buah tin). (steemkr).*

 

BandungKlik – Buah tin atau ara telah dikenal lebih dari 14 abad yang lalu. Mulanya, “buah surga” ini ditemukan di Asia Barat. Namun, kini sudah dibudidayakan di banyak negara termasuk Indonesia.

Bernama ilmiah Ficus carica, ternyata buah ini punya khasiat yang melimpah untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi

Seturut informasi gizi pada U.S. Departement of Agriculture, diketahui 100 gram buah tin segar mengandung komposisi gizi:

Energi 74 kcal

Protein 0,75 gr

Karbohidrat 19,18 gr

Serat 2,9 gr

Gula 16,26 gr

Kalsium 35 mg

Magnesium 17 mg

Kalium 232 mg

Vitamin C 2 mg

Vitamin B-6 0,113 mg

1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah atin secara teratur bisa membantu melancarkan aliran darah. Selain itu, mengurangi berbagai risiko penyakit yang menyerang jantung dan stroke.

2. Mengontrol kadar kolesterol

Dikenal sebagai jenis buah yang mengandung serat larut yang cukup baik, buah ara berkhasiat mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol. Suatu studi tahun 2019 dari jurnal “Nutrient” menunjukkan, minuman dengan ekstrak buah ini (bukan yang dikeringkan) memiliki indeks yang lebih rendah. Dengan begitu, dapat menjaga gula darah penderita diabetes.

3. Mencegah kanker

Selain punya manfaat menjaga kesehatan jantung, buah tin juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama jenis kanker usus. Diketahui, satu buah tin segar mengandung antioksidan, seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel karena serangan zat radikal bebas. Bukan cuma dari dagingnya, manfaat untuk mencegah kanker juga dapat diperoleh dari ekstrak daunnya.

4. Menyehatkan pencernaan

Di dalam buah ini ada kandungan serat dan zat pektin sehingga dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare dapat dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara teratur.

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari buah tin adalah untuk kesehatan kulit. Buah ini dapat membantu meringankan gejala kulit gatal dan perih. Kandungan zat besi yang tinggi baik untuk kesehatan rambut. *

 

Silakan baca: 

Manfaat Manggis yang Menakjubkan bagi Kesehatan

Delapan Manfaat Delima, Buah Paling Sehat di Dunia