BandungKlik Benua Eropa memadukan sajian makanan dan budaya yang mengagumkan. Para wisatawan akan dibuat penasaran untuk menikmati “menu” sejarah yang begitu banyak dan situs-situs yang signifikan. Bagi guru-guru sejarah yang mencari inspirasi rencana perjalanan, melancong ke Eropa akan memperoleh pemahaman lain.

Pemahaman mendalam tentang berdirinya demokrasi, renaisans hingga perang dunia kedua akan diperoleh di sana. Sementara setiap negara di Eropa dipenuhi sejarah berabad-abad, lima kota ini sangat kaya atraksi yang harus dilihat, sebagaimana ditulis traveldailynews.

1. Roma, Italia

Sebagai Kota Abadi, tidak ada ibu kota lainnya yang dipenuhi peradaban kuno dan modern. Dari Pantheon ke Forum Roma, sisa-sisa kerajaan Romawi kuno menyajikan pemahaman menarik yang terjadi masa silam. Kota ini memiliki banyak monumen warisan Katolik dengan karya seni dan arsitektur yang mengagumkan.

2. Nimes, Prancis

Mengingat luasnya wilayah Kekaisaran Romawi, maka tidak mengherankan jejak pengaruhnya masih ditemukan jauh di luar Roma. Salah satunya berada di kota menawan bernama Nimes di selatan Prancis. Nimes adalah tujuan sempurna untuk menjelajahi sejarah kuno dan abad pertengahan negeri tersebut. Ada amfiteater kuno yang terawat baik di kota.

3. Budapest, Hungaria

Terletak di pusat benua Eropa, ibu kota Hungaria ini memiliki banyak landmark yang menarik untuk mengeksplorasi sejarah. Pengaruh abad pertengahan Budapest dapat dilihat di Kastil Buda dan Gereja Mathias. Selain itu, ada House of Terror dan Gedung Parlemen di Budapest yang dianggap salah satu bangunan besar di Eropa.

4. Praha, Republik Ceko

Dengan menara dan kastilnya yang terkenal di dunia, kota buku cerita ini mempertahankan nuansa masa kejayaan abad pertengahan. Kastil Praha, situs warisan dunia UNESCO, terlihat dari semua sudut kota, harus menjadi prioritas utama bagi setiap pencinta sejarah. Selain itu, terdapat jalan-jalan kuno menuju Old Town Hall. Di sana terdapat jam astronomi tertua yang beroperasi di dunia.

5. Athena, Yunani

Ibu kota Yunani ini disebut sebagai tempat “lahirnya peradaban”. Athena menjadi daftar wajib kunjungan bagi setiap pencinta sejarah. Dari Parthenon ke Agora Kuno, reruntuhan Athena yang terawat baik memberikan pemahaman yang impresif bagi pengunjung kembali ke masa lalu. Jangan lewatkan Museum Acropolis, kota yang terkenal dengan kuil di atas bukit yang menyoroti seni dan sejarah selama berabad-abad.

Tentu saja, kunjungan tidak untuk saat ini mengingat masih pandemi Covid-19. Jika wabah sudah mereda dan objek wisata dibuka kembali, rencana perjalanan bisa mulai dilakukan. *

Silakan baca: 

Acropolis Athena, Simbol Semangat dan Peradaban Klasik

Menara Pisa Italia, Ini Sejarah dan Fakta Unik Lainnya

 

Foto-foto : traveldailynews