BandungKlik – PT KAI secara resmi meluncurkan lima kereta api baru pada Kamis (1/6/2023) di empat stasiun di berbagai kota. Keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Peresmian kereta api baru ini dilakukan oleh direksi KAI bersama pejabat kewilayahan di daerah masing-masing. Adapun kereta baru yang diresmikan adalah sebagai berikut:

  1. KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir (PP)
  2. KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (PP)
  3. KA Manahan relasi Solo Balapan – Gambir (PP)
  4. KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP)
  5. KA Pandalungan relasi Jember – Gambir (PP)

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran lima kereta api baru sebagai implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023. Berlakunya Gapeka 2023 ini membuat banyak kereta api mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

Selain itu, Didiek mengatakan bahwa hadirnya lima kereta baru ini merupakan wujud dari komitmen KAI yang adaptif dan inovatif.

“Semoga dengan adanya launching lima KA baru ini dapat membawa manfaat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui kereta api. Sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutur Didiek saat meresmikan peluncuran kereta api di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, dikutip dari kai.id.

Kapasitas kereta

Saat ini KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk. Berbeda dengan KA Argo Semeru yang terdiri dari 9 gerbong eksekutif berkapasitas 450 tempat duduk.

Jika keempat kelas kereta tersebut semuanya eksekutif, lainnya halnya dengan KA Banyubiru. Kereta ini terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi berkapasitas 432 tempat duduk. Opsinya kereta ini terdiri dari 3 gerbong eksekutif dan 6 gerbong ekonomi berkapasitas 630 tempat duduk.*

Silakan baca:

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya