Lima Jenis Pekerjaan di Hotel, Wisatawan Wajib Tahu

pekerjaan di hotel
Petugas sedang membersihkan kamar hotel. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

BandungKlik – Hotel adalah salah satu akomodasi yang dibutuhkan wisatawan saat bepergian. Di bawah pengelolaannya, ada banyak jenis pekerjaan yang dapat membantu segala kebutuhan tamu. Wisatawan wajib tahu jenis pekerjaan tersebut. Apa saja?

1. Greeter & Bellboy

Saat kita hendak masuk lobi hotel, sering kali menjumpai petugas yang menyambut sekaligus menyapa tamu yang baru tiba. Ia adalah greeter, bahkan tugasnya juga mengantar tamu menuju resepsionis atau front desk. Biasanya, tugas greeter merangkap sebagai bell boy yang tugasnya mengantarkan barang-barang yang dibawa tamu.

2. Concierge

Concierge berperan penting dalam melayani pengunjung atau tamu hotel. Tugasnya sebagai pusat informasi dan bantuan selama tamu menginap. Tak hanya itu, concierge juga memenuhi kebutuhan tamu, seperti membuat reservasi untuk restoran, transportasi ataupun hiburan.

3. Front Desk Attendant

Siapa yang melayani transaksi check in dan check out tamu hotel? Ia adalah front desk attendant. Sering kali tugasnya juga memberikan informasi kepada tamu perihal yang berkaitan dengan hotel tersebut atau informasi wisata lainnya.

4. Room Attendant

Menjaga kebersihan kamar adalah tugas seorang room attendant. Hotel yang bersih dan nyaman tentu akan membuat tamu senang selama berada di kamar. Ia pun punya tugas mempersiapkan kebutuhan dasar tamu selama menginap.

5. Chef & Cook

Tak salah lagi, chef & cook punya tugas memastikan ketersediaan dan penyajian makanan dan minuman untuk tamu hotel. Bukan hanya itu, ia pun bertanggung jawab dalam pengendalian mutu makanan dan minuman yang dihidangkan.

Sebetulnya masih banyak jenis pekerjaan yang ada di hotel. Lima jenis pekerjaan di atas setidaknya berkaitan langsung dengan wisatawan selama  menginap di hotel. *

Silakan baca: 

Barang-Barang yang Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

15 Barang yang Tidak Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

Mengapa Handuk Hotel Kebanyakan Putih? Ini Alasannya!

Alasan Mengapa Sprei Kamar Hotel Selalu Berwarna Putih

Guling Tak Ada di Kamar Hotel, Ini Alasannya!