Parfum dan praktik wewangian sudah berkembang selama ribuan tahun. Tahukah Anda, dalam perkembangannya ada lima jenis parfum yang beredar di masyarakat. Apa saja?

 

BandungKlik – Pabrik atau pembuat pertama minyak wangi, konon, sudah ada sejak 4000 tahun lalu di Pulau Siprus. Pada abad ke-19, bahan kimia aroma sintetis yang disebut aldehida, pertama ditemukan. Alhasil, industri wewangian menjadi seperti yang kita kenal saat ini.

Beragam wewangian bukan hanya untuk bangsawan atau pesohor jagat hiburan. Siapa pun bisa menggunakan wewangian untuk menunjang penampilan sehari-hari. Secara umum, ada lima jenis parfum yang berkembang sekarang.

Ada beberapa kategori dan mungkin Anda menemukan istilah parfum, eau de parfum, eau de toilette, dan eau de cologne dalam botol minyak. Sebenarnya, dikutip dari clivechristian, nama-nama tersebut mengacu pada konsentrasi yang menggambarkan jumlah minyak murni dalam wewangian.

Pada dasarnya, semakin tinggi konsentrasi parfum, maka semakin tinggi “menempel” pada kulit atau pakaian dan semakin tinggi pula harganya.

Parfum

Ini merupakan jenis minyak wangi murni atau biasa disebut extrait de parfum yang menawarkan konsentrasi tertinggi. Artinya, minyak wangi ini bertahan paling lama di kulit. Wewangian yang tergolong jenis ini punya konsentrasi antara 20% hingga 40%. Dari semua jenis wewangian yang ada, extrait de parfum punya harga dan kekuatan yang tinggi. Ia bisa bertahan 8 – 12 jam di kulit dan jauh lebih lama.

Eau de Parfum (EdP)

EdP merupakan salah satu jenis parfum dan kategori wewangian yang paling umum. Biasanya punya konsentrasi sekira 15% dan bertahan kurang lebih enam jam. Oleh karena itu, harganya lebih murah ketimbang extrait de parfum.

Eau de Toilette (EdT)

Di pasaran, Anda akan menemukan banyak wewangian EdP juga tersedia sebagai EdT. Tentu saja, ini adalah versi lebih murah dari aroma yang sama. Seperti yang dapat Anda bayangkan, minyak wangi jenis ini punya konsentrasi yang lebih sedikit dan umur yang tidak terlalu lama. Wewangian EdT biasanya punya konsentrasi antara 5% hingga 10% dan bertahan sekira lima jam. EdT sangat populer ketika memasuki musim panas karena wanginya lebih dominan sehingga menyegarkan saat pertama kali diaplikasikan.

Ilustrasi. (cdn.shopify).*

Klik halaman berikutnya >> Eau de Cologne