Lima Gunung di Purwakarta Favorit Traveler

gunung parang purwakarta favorit
Gunung Parang. (Opik Surya).*

 

Gunung-gunung di Purwakarta menjadi tempat favorit para pendaki dan traveler untuk menikmati panorama di ketinggian.

 

BandungKlik – Bagi sebagian orang, di antaranya traveler, gunung merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam. Tak mengherankan jika gunung selalu menjadi pilihan untuk melepas rasa penat.

Para pencinta alam tentu tak akan melewatkan aktivitas mendaki gunung. Sebab, sensasi dan pengalaman yang bakal diperoleh akan terbayarkan ketika melihat panorama dari puncak gunung.

Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat punya banyak gunung yang bisa menjadi pilihan untuk dieksplorasi para pendaki. Apa saja?

1. Gunung Burangrang

Terletak di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Purwakarta, Gunung Burangrang menjulang 2.064 mdpl. Ini merupakan gunung berapi tidak aktif akibat letusan Gunung Sunda pasa masa prasejarah. Gunung Burangrang punya tiga jalur pendakian, yaitu Legok Haji, Pos Komando, dan Pangheotan.

2. Gunung Bongkok

Salah satu tempat terbaik menyaksikan sunrise di Purwakarta adalah Gunung Bongkok. Dengan trek yang tidak terlalu menantang, gunung dengan ketinggian 985 mdpl ini banyak dipilih para pendaki pemula.

Silakan baca: Tebing Citatah, Wisata Memacu Adrenalin di Batuan Kapur

3. Gunung Parang

Tebing Gunung Parang telah menjadi tempat wisata favorit panjat tebing yang memacu adrenalin. Gunung ini sudah dilengkapi fasilitas jalur berupa tangga besi yang dikenal dengan nama ferrata. Panjat tebing di Gunung Parang menjadi opsi liburan bersama keluarga atau kerabat. Aktivitas memanjat di tempat ini akan dilengkapi peralatan mendaki yang disediakan oleh para operator di sana.

4. Gunung Lembu

Salah satu pilihan terbaik untuk melihat sunrise dan sunset adalah Gunung Lembu. Waktu pendakian yang relatif singkat sekira 1,5 jam dan trek yang relatif mudah cocok untuk pendaki pemula. Di puncak gunung ini, para pendaki bakal disuguhkan panorama Waduk Jatiluhur dari ketinggian 780 mdpl.

5. Gunung Haur

Selain dari puncak Gunung Lembu, panorama memukau Waduk Jatiluhur juga dapat disaksikan dari puncak Gunung Haur. Begitu pun dengan lanskap persawahan dan perbukitan di sekitarnya. Gunung Haur memiliki ketinggian sekira 517 mdpl. *

Silakan baca: Bukit Panenjoan, Spot Keren Hunting Foto Panorama Hijau