BandungKlik – Beberapa destinasi wisata di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, telah memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability).

Saat ini, seturut Inmendagri No. 1 Tahun 2022, Kabupaten Bogor termasuk wilayah kategori PPKM Level 2. Dengan begitu, diharapkan wisatawan yang berkunjung dapat lebih nyaman dan aman saat bertasmasya di kabupaten ini.

Berikut lima destinasi wisata di Kabupaten Bogor bersertifikat CHSE yang cocok untuk keluarga.

1. Taman Safari Indonesia

Siapa yang belum pernah bertamasya ke Taman Safari Indonesia? Ya, destinasi wisata keluarga populer dan favorit di tanah air ini berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Wisatawan dapat merasakan pengalaman luar biasa dan lebih dekat dengan alam liar. Pengalaman ini tentu saja menggunakan kendaraan pribadi dalam program Safari Tour. Ada 20 wahana permainan, 7 exhibit satwa, dan 9 pertunjukan di area tamasya.

2. Cikuluwung River Tubing

(kopitubing.com).*

Di Kecamatan Pamijahan, wisatawan dapat menikmati fasilitas rekreasi olahraga air, yakni river tubing di aliran Sungai Cikuluwung yang jernih. Selain di sungai, wisatawan juga bisa bersantai sembari ngopi-ngopi di Kopi Tubing Café and Resto dengan pemandangan persawahan. Konsep alam terbuka yang diusung pengelola menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot foto yang Instagramable.

3. Sentul Eco Edu Tourism Forest

Ini merupakan taman hutan dengan konsep back to nature di Kampung Sukamantri, Kecamatan Babakan Madang. Sentul Eco Edu Tourism Forest menyajikan beragam kegiatan fun bagi keluarga dan anak-anak. Sebut saja antara lain jelajah hutan, river tubing, pinus tracking, paint ball, dan off road. Sejumlah fasilitas yang tersedia dan mendukung tamasya keluarga di sana mencakup guest house, aula, musala, camping ground, dan hutan konservasi untuk agrowisata dan edu forestry.

4. Curug Cipamingkis

(Iwan Gunaesa/ BandungKlik).*

Memiliki ketinggian mencapai 10 meter, wisatawan dapat bermain air di sekitar air terjun indah di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur ini. Curug Cipamingkis tak hanya menawarkan panorama, tetapi juga menjadi tempat yang baik bagi para penggemar fotografi. Ada beragam fasilitas yang bakal mempercantik latar foto. Bila ingin bermalam di sana, tersedia juga fasilitas penginapan dan camping ground.

5. Hutan Hujan Sentul

Terhampar di area seluas 26 hektare, Hutan Hujan Sentul menawarkan pemandangan sawah dan hijaunya hutan pinus. Suasana sejuk dan damai bakal mengiringi wisatawan selama bertamasya di objek wisata yang berlokasi di Kampung Cigobang, Sentul. Bersepeda di dalam hutan, menikmati hamparan sawah hijau dan kebun bunga di sana memberi pengalaman yang berkesan. *

 

Silakan baca: 

Piknik Seru ke Desa Wisata Tugu Selatan Bogor

Empat Destinasi Wisata Bersertifikat CHSE di Kota Bogor