BandungKlik – Pemerintah Indonesia telah menetapkan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) dalam rangka fokus pada pengembangan kawasan, termasuk ekonomi kreatifnya.

Lima destinasi tersebut, bahkan masing-masing sudah punya keunggulan sehingga wisatawan punya banyak pilihan untuk bertamasya. Lantas, mengapa destinasi yang dipilih hanya lima? Padahal, Indonesia punya banyak destinasi pariwisata yang amat beragam, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

“Ini merupakan instruksi langsung dari presiden, kalau mau membangun itu harus fokus. Cari lima yang berpotensi menjadi ‘Bali Baru’,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, dikutip dari laman kemenparekraf.go.id.

Fokus pengembangan lima destinasi ini untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia, kata Sandiaga mengimbuhkan. Harapannya, fokus ini meningkatkan kualitas kunjungan wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara. Dengan begitu, turis asing juga diharapkan dapat lebih lama tinggal di Indonesia.

Adapun beberapa aspek yang menjadi fokus pengembangan destinasi adalah infrastruktur, kualitas jaringan telekomunikasi, produk ekonomi kreatif hingga sumber daya yang unggul.

Untuk mengenal lebih dekat, yuk simak lima Destinasi Super Prioritas Indonesia yang memesona berikut ini.

1. Danau Toba

kuliner Khas Danau Toba
Danau Toba. (dok. maritim.go.id).*

Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara adalah sebuah keajaiban alam yang bikin orang takjub. Diperkirakan, danau ini terbentuk dari letusan supervolkano Gunung Toba yang terjadi sekira 74 ribu tahun yang lalu. Letusan dahsyat tersebut membentuk kawah seluas lebih dari 1.145 kilometer persegi, hampir tujuh kali lipat luas Kota Bandung. Dengan kedalaman 450 meter, danau dengan Pulau Samosir di tengahnya tersebut termasuk jajaran danau terdalam di dunia.

2. Candi Borobudur

candi borobudur
Candi Borobudur. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

Destinasi superpriotitas Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi megah ini berjarak kurang lebih 40 kilometer di sebelah barat laut pusat Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Objek wisata candi berusia hampir 1200 tahun tersebut adalah peninggalan Dinasti Sailendra yang dibangun antara 780 – 840 Masehi. Termasuk dalam Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO, Borobudur merupakan candi Budha terbesar dan termegah di dunia.

3. Mandalika

KEK Pariwisata
KEK Mandalika, NTB (dok. indonesia.travel)

Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyajikan pesona alam dan budaya yang mengagumkan. Destinasi superprioritas Mandalika menawarkan segudang wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Sebut saja antara lain Pantai Gerupuk, Pantai Kuta, Pantai Seger atau Tanjung Aan. Kawasan ini juga menyajikan wisata budaya yang bernilai. Setiap tahun, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale.

4. Labuan Bajo

labuan bajo
Perbukitan di Labuan Bajo. (dok. indonesia.go.id).*

Labuan Bajo adalah sebuah desa di ujung barat Pulau Flores. Secara administratif berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain Pulau Komodo, pesona andalan Labuan Bajo tampak pada gugusan pulau dengan pantai yang cantik dan berair jernih. Panorama matahari terbenam di destinasi ini menyajikan kesan yang sulit dilupakan. Keindahan lainnya juga tercermin di Desa Wae Rebo yang sejuk dan terhampar 1.200 mdpl.

5. Likupang

wisata bahari dan pantai likupang
Likupang. (indonesia.go.id),*

Berjarak sekira 50 kilometer dari Kota Manado, KEK Likupang memiliki beragam destinasi wisata yang memanjakan mata. Likupang yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, menyuguhkan kekuatan wisata bahari yang tiada duanya. Ombaknya yang relatif tenang bakal membuat wisatawan bisa memuaskan diri di tengah panorama bebatuan karang dan biota laut. Selain melalui diving, menjelajah laut di lokasi turunnya “bidadari” ke bumi adalah dengan snorkeling. *

 

Silakan baca:

15 Alasan Indonesia Jadi Destinasi Liburan Berikutnya

Inilah 7 Alasan Turis Senang Wisata ke Indonesia