Lima Bandara Terkecil di Dunia, Salah Satunya Ekstrem

bandara terkecil saba
Bandara Juancho E. Yrausquin (SAB) di Pulau Saba, Belanda. (teahub.io).*

 

BandungKlik – Jutaan  penumpang naik ribuan pesawat setiap hari. Sebagian besar mereka melewati bandara terbesar dan tersibuk di planet ini, sementara sebagian lagi beruntung mengunjungi bandara terkecil di dunia.

Berikut ini BandungKlik sajikan lima bandara yang dianggap terkecil di dunia. Mungkin suatu saat Anda akan mengunjunginya.

1. Juancho E. Yrausquin Airport (SAB), Belanda

Bandara Juancho E. Yrausquin di Pulau Saba, Karibia, Belanda memiliki landasan pacu terpendek di dunia karena hanya berukuran 400 meter. Saat ini, hanya satu maskapai yang melayani bandara ini, yaitu Windair. Maskapai melayani penerbangan harian ke Saint Martin dan Saint Eustatius yang waktu tempuhnya sekira 15 menit.

2. Moshoeshoe I International Airport (MSU), Lesotho

Nama bandara ini diberikan oleh Raja Lesotho, negara enclave yang sepenuhnya dikelilingi Afrika Selatan. Berada di ketinggian 1.630 mdpl, Bandara Moshoeshoe I International terbilang bandara internasional terkecil di dunia. Landasan pacu bandara hanya ada dua masing-masing 3 km dan 1 km. Namun demikian, bandara ini terhubung dengan bandara tersibuk di Afrika Selatan, yaitu O.R. Tambo International Airport di Johannesburg.

3. Barra Airport (BRR), Skotlandia

Bandara Barra. (simpleflying).*

Tak hanya mungil, Bandara Barra adalah satu-satunya bandara yang punya landasan pacu pantai. Oleh karena keindahannya, para pembuat film sering memilih lokasi ini ketika mereka membutuhkan adegan pendaratan pantai yang indah. Saat ini, hanya ada dua maskapai yang mengunakan bandara di Pantai Traigh Mhor tersebut, yaitu Flybe dan Loganair.

Silakan baca: Top 10 Bandara Tersibuk di Dunia Saat Pandemi Covid-19

4. Morgantown Municipal Airport (MGW), Amerika Serikat

Hanya pesawat kecil yang dapat dioperasikan di Bandara Morgantown Municipal. Landasan pacu bandara ini relatif pendek yakni hanya 0,5 mil. Satu-satunya maskapai komersial yang beroperasi adalah United Airlines yang menghubungkan kota dengan Clarksburg dan Bandara Internasional Washington Dulles. Saking kecilnya, orang dapat melihat pesawat lepas landas dari dekat di restoran bandara ini.

5. Tenzing-Hillary Airport (LUA), Nepal

Bandara Lukla. (indiatimes).*

Selain fakta bandara ini adalah salah satu yang terkecil, Bandara Tenzing-Hillary juga terbilang bandara paling berbahaya dan ekstrem. Faktor yang memengaruhinya antara lain cuaca dan ketinggian. Bandara yang dikenal dengan nama Lukla ini dibangun pada 1964 dengan landasan pacu sekira 527 meter. Meskipun terkecil, bandara ini adalah satu-satunya akses menuju Gunung Everest. *

Silakan baca: Lukla Airport, Bandara Paling Ekstrem di Dunia?

 

Sumber : indiatimes, airflyby