Likupang Suguhkan Wisata Bahari dan Legenda Bidadari

likupang
Pantai Likupang. (dok. indonesia.go.id). *

 

BandungKlik – Destinasi superprioritas (DSP) Likupang menyuguhkan kekuatan wisata bahari. Di luar pesona alamnya, kawasan ini menyimpan legenda bidadari yang turun ke bumi.

Dikisahkan, sembilan bidadari turun di sebuah telaga di Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Tempat tersebut dikenal dengan nama Likupang. Seorang petani muda sang pemilik telaga berhasil menahan satu bidadari. Singkat cerita, petani bernama Mamanua menjadikan bidadari tersebut sebagai istrinya. Sang bidadari yang diberi nama Lumalundung itu kemudian melahirkan anak bernama Walangsendau.

Akan tetapi, sebuah kesalahan kecil Mamanua berakibat sang bidadari pulang ke kahyangan. “Saat anakku menangis mencariku, ajak dia berjalan melintasi hutan, sungai, dan gunung dengan mengikuti arah matahari,” kata Lumalundung berpesan kepada Mamanua.

Sembari menggendong putrinya, perjalanan Mamanua yang jauh itu berujung di bibir pantai berpasir putih dan lautan luas. Tawaran tumpangan dari seekor ikan bernama Pongkor menuju istana bidadari membuat perjalanan Mamanau menembus hutan, gunung, dan lautan pun terbayar tunai.

Silakan baca:

Pesona Labuan Bajo Tak Hanya Pulau Komodo

Kisah asmara ini tentu saja hanya sebuah legenda. Akan tetapi, penggambaran tentang keindahan telaga, bukit, gunung, sungai, pantai, dan lautan beserta isinya di Likupang benar-benar nyata. Tak salah jika keeksotisannya mengantarkan Likupang menjadi salah satu destinasi superprioritas Indonesia.

Panorama bawah laut dan keindahan pantainya demikian indah. Jernihnya air laut membuat dasar karang, koral, tumbuhan laut, dan beragam ikan terlihat jelas di permukaan.

Ada banyak destinasi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang dapat memanjakan para wisatawan. Sebut saja salah satunya Pantai Pulisan yang terhampar di Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Ombaknya yang relatif tenang bakal membuat wisatawan bisa memuaskan diri di tengah panorama bebatuan karang dan biota laut melalui diving dan snorkeling.

Di seputar pantai ini wisatawan juga dapat menikmati alam perbukitan melalui aktivitas trekking yang menyenangkan. *

Silakan baca:

Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia

 

Sumber: indonesia.go.id