BandungKlik – Pulau Tunda merupakan hidden gem wisata alam Banten yang menyajikan keindahan alam dan bawah laut yang memesona. Jadi jangan pernah menunda-nunda untuk liburan ke Pulau Tunda di Banten ini!

Jika dilihat sekilas dari udara, Tunda tampak seperti pulau panjang yang membentang. Termasuk kategori pulau kecil yang terletak di utara teluk Banten. Luas pulau ini sekitar 300 hektar, terletak di Serang, Banten. Dan masih masuk dalam gugusan Pulau Seribu.

Wilayah di Teluk Banten yang berpenghuni ini, memiliki sejumlah objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Terkenal juga sebagai spot snorkelling yang indah dan menakjubkan.

Menjelajahi keindahan pulau ini menjadi aktivitas yang menyenangkan. Wisatawan tinggal pilih ingin menikmati pesona pantai atau bawah laut, dua-duanya memesona.

Aktivitas Wisata Pulau Tunda

Berlibur di sini, wisatawan juga mencoba berlayar sambil melihat pemandangan laut serta atraksi hewan lumba-lumba yang menggemaskan. Bagi pecinta mancing, akan memancing ikan di perairan laut pulau ini. Dapat pilih spot mancing yang nyaman di sekitar dermaga atau tempat menyelam.

Pulau Tunda
Keindahan bawah laut Pulau Tunda Banten.

Kegiatan berenang, snorkeling, atau menyelam juga asyik dilakukan di sini. Menyelam sambil mengamati aktivitas biota laut seperti terumbu karang dan aneka ikan yang cantik. Bila ingin menikmati snorkelling, wisatawan dapat melakukannya di bagian barat pulau tersebut. Ada beberapa spot yang menarik di sana, diantaranya spot snorkelling Villa, Cemara, dan Mercusuar.

Silakan baca: Menyelami Dinginnya Air Alami Pemandian Citaman Banten

Kala senja tiba, suasana akan tambah eksotis nan romantis dengan sajian keindahan sunset. Spot terbaiknya ada di Dermaga Pantai Seputih. Hembusan angin pantai dan suara deburan ombak akan menenangkan pikiran dan jiwa.

Di luar pesona pantai, Pulau Tunda masih memberikan keindahan lainnya. Berupa keindahan hutan, perbukitan, hamparan sawah yang menghijau, serta lokasi menarik di pedesaan Wargasara. Di desa tersebut, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan warga setempat yang sangat ramah dan melihat aktivitas para warga seperti bertani, berkebun, maupun berlayar mencari ikan.

Akses & Akomodasi Pulau Tunda

Menuju lokasi Pulau Tunda, wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan beberapa rute. Dapat melalui Tol Kebon Jeruk-Merak. Keluar dari pintu keluar Tol Serang Timur, lalu bisa melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Karang Hantu.

Setibanya di Karang Hantu, wisatawan harus menyewa perahu kayu atau menggunakan KMP Tunda bila ingin segera sampai ke lokasi. Penyeberangan laut ini memakan waktu sekitar 2 jam dengan perahu. Namun jika menggunakan kapal boat bisa lebih cepat.

Silakan baca: Tasikardi, Bukti Kejayaan Kasultanan Banten

Bila ingin lebih praktis dan hemat berlibur ke destinasi wisata tersebut, wisatawan dapat menggunakan jasa agen tour yang menawarkan beragam paket wisata menarik. Salah satunya paket bermalam yang sudah lengkap dengan akomodasi penginapannya.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Banten