BandungKlik – Selama libur panjang Tahun Baru Imlek 2574 dari Jumat hingga Senin (20-23/1/2023), PT KAI melayani 466.241 pelanggan kereta api. Ini berarti per hari rata-rata ada 116.560 pelanggan kereta api jarak jauh dari berbagai rute.

Untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah pelanggan tersebut, PT KAI mengoperasikan total 919 perjalanan KA jarak jauh. Ada 230 perjalanan KA per hari selama momentum libur ini.

“Kenaikan jumlah pelanggan pada libur long weekend Tahun Baru Imlek ini kami sertai dengan pelayanan yang baik,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Dikutip dari laman kai.id, Joni juga mengatakan, untuk menyemarakkan long weekend Tahun Baru Imlek ini, KAI menggelar hiburan barongsai. Selain itu, pihaknya juga membagikan suvenir serta kue Imlek di berbagai stasiun.

Lebih detail Joni menyampaikan, puncak volume pelanggan pada periode libur panjang Tahun Baru Imlek terjadi pada Senin (23/1/2023). Pada hari tersebut sebanyak 130.603 pelanggan menggunakan kereta api.

Adapun kereta api yang menjadi favorit masyarakat pada momentum ini adalah Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasarturi PP) dan Argo Wilis (Bandung – Surabaya Gubeng PP). Kereta lainnya adalah Argo Parahyangan (Gambir – Bandung PP), Argo Cheribon (Gambir – Tegal PP),  dan Taksaka (Gambir – Yogyakarta PP).

Kereta lain yang tak kalah favorit adalah Airlangga (Pasar Senen – Surabaya Pasarturi PP), Serayu (Pasar Senen – Purwokerto PP), dan Putri Deli (Medan – Tanjung Balai).

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan kereta api selama libur panjang akhir pekan ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah adanya promo yang disediakan PT KAI, yaitu promo New Year Deals. Promo ini berlaku untuk keberangkatan 21 Januari sampai 7 Februari 2023.

Hingga 24 Januari 2023, tiket promo tersebut yang terjual sebanyak 31.297 tiket atau melebihi 44,52% dari tiket yang disediakan sebanyak 21.656. Oleh karena itu, KAI menambah kuota promo untuk mengakomodasi minat masyarakat. *

Silakan baca:

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya