Lezatnya Tahu Aci, Kudapan Sederhana Khas Tegal

Tahu Aci Tegal

 

BandungKlik – Daerah Tegal di Jawa Tengah yang sudah terkenal sebagai pelopor warung tegal (warteg), juga memiliki kudapan khas yang lezat dan wajib dicoba. Kudapan tersebut dikenal dengan Tahu Aci Tegal.

Tahu aci Tegal merupakan kuliner yang sangat populer di Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Jika berkesempatan berlibur ke wilayah tersebut, wajib mencicipi makanan khas yang satu ini.

Kudapan khas tersebut berasal dari Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Makanan mirip batagor dari Bandung ini terkenal enak dengan teksturnya yang kenyal dan rasa gurih.

Terbuat dari bahan dasar tahu kuning yang telah dibelah berbentuk segitiga. Kemudian adonan aci atau tepung kanji ditaruh di salah satu sisi tahu.

Adonan acinya terdiri dari kanji, daun kucai, dan ampas tahu yang dicampur menjadi satu. Ditambah garam dan penyedap rasa agar lebih gurih dan sedap.

Biasanya, tahu aci disajikan bersama cabai rawit sebagai pelengkapnya. Nikmat disantap kala masih hangat bersama teh poci saat berkumpul dengan keluarga atau nongkrong bersama teman-teman.

Wisatawan bisa menemukan kuliner khas ini di sepanjang jalan di Kabupaten Tegal. Terutama bila melewati Jalan Raya Utara Adiwerna, Banjaran, Kabupaten Tegal.

Di jalan ini terdapat penjual yang boleh dibilang sebagai cikal bakal tahu aci yang sudah berdiri sejak 1966. Dengan merek Tahu Aci Murni, yang dikenal bebas bahan kimia.

Pewarna kuningnya pun berasal dari kunyit. Racikan bumbunya diolah dari bahan alami seperti bawang putih, garam, dan kucai. Untuk satu biji berbentuk segi empat, dijual dengan harga bervariasi.

Camilan tersebut bisa langsung digoreng agar dapat langsung dimakan. Dapat juga dibeli dalam kondisi mentah sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Silakan baca: Camilan Khas yang Bisa Dinikmati di Kota Bandung

Sebagai oleh-oleh, Tahu Aci Murni menyediakan kemasan besek agar mudah dibawa. Dalam satu porsi besek berisi 20 biji tahu dan beberapa cabai rawit. Oleh-oleh ini mampu bertahan selama 6 hari apabila di simpan di freezer.*

 

 

Sumber & Foto: Disporapar Kab. Tegal