BandungKlik – Cirebon bukan hanya terkenal sebagai kota penghasil terasi udang, tetapi juga makanan khas yang menggetarkan lidah. Jalan-jalan ke Kota Udang, wajib banget mencoba sajian kuliner khas berikut ini.

1. Empal Gentong

(Opik).*

Empal gentong hadir sudah demikian melegenda, bahkan kini masuk daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Jawa Barat. Kesedapannya seakan terus mengundang lidah bergoyang menikmati cita rasanya yang gurih. Secara umum, makanan ini berbahan dasar daging sapi dan jeroan yang empuk. Bumbunya diracik dari aneka rempah, seperti kunyit, kemiri, dan merica, plus bawang merah, bawang putih, dan santan.

2. Nasi Jamblang

(Opik).*

Masakan ini sangat populer di Cirebon, bahkan sejak zaman kolonial Belanda. Nasi jamblang adalah sajian nasi dengan lauk pauk sederhana, seperti daging ayam, cumi-cumi, ati ampela, ikan bandeng, telur, tempe hingga jengkol. Nasi jamblang punya keunikan tersendiri khususnya dalam penyajiannya yakni menggunakan bungkus atau alas daun jati.

3. Nasi Lengko

(limakaki).*

Istilah ini, konon, berasal dari nasi langka yang berarti jarang atau tidak ada. Ini merupakan makanan rumahan bagi orang-orang Cirebon. Sajian nasi lengko memang sangat sederhana. Selain nasi, ada beberapa lauk, seperti tahu, tempe, tauge, daun kucai, mentimun, dan siraman bumbu kacang pecel. Sepintas, mirip nasi pecel.

4. Mi Koclok

(Opik).*

Penggemar mi wajib mencoba kelezatan dan cita rasa mi koclok. Katanya, ini akronim dari mi khasnya orang Cirebon yang lebih okay. Mi ini terdiri dari mi basah yang disajikan dengan kuah campuran kaldu ayam dengan tepung tapioka. Alhasil, warna kuahnya putih pekat. Dalam satu porsinya biasanya tersaji telur rebus, ayam suwir, kol, dan tauge.

5. Docang

(tatangbiru.wixsite).*

Makanan khas Cirebon berikutnya adalah docang. Makanan ini umumnya terdiri dari lontong, daun singkong, tauge, daun kucai, parutan kelapa, dan kerupuk. Dalam sajiannya, bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah dage atau oncom. Biasanya docang disantap masyarakat Cirebon sebagai menu sarapan favorit. Rasa kuahnya begitu gurih, pekat, dan tentu saja autentik.

6. Sate Kalong

(sanjayatour).*

Daging kalong? Bukan! Ini adalah sate daging sapi atau kerbau yang sudah diolah sehingga punya tekstur empuk. Disebut sate kalong sebab dulu hanya dijajakan malam hari selepas senja. Sate kalong punya cita rasa unik, yaitu kombinasi antara rasa manis dan aroma rempah yang melekat pada bumbu, sebelum dibakar.

Nah, itulah enam sajian khas Cirebon yang menggugah selera, dan tentunya menggetarkan lidah yang bikin ketagihan. Membangkitkan selera, bukan? *

Silakan baca: 

Empal Gentong Khas Cirebon, Ini Nilai Filosofisnya

Mengenal Sejarah Cirebon dari Keraton Kasepuhan