Leuwi Tonjong, Pesona Surga Tersembunyi di Garut Selatan

hidden paradise leuwi tonjong
Surga tersembunyi Leuwi Tonjong di Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut punya pemandangan yang eksotis. (dok. garutkab.go.id). *

 

BandungKlik – Ingin menikmati keeksotisan “surga” tersembunyi di Garut selatan? Gampang, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata indah Leuwi Tonjong.

Objek wisata ini memang terbilang baru dan masih asri. Namun, keberadaannya telah memikat insan pariwisata nasional. Buktinya, Leuwi Tonjong menyandang predikat juara kedua kategori “Surga Tersembunyi” dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018. Bukan tanpa alasan, selain tempatnya sungguh eksotik juga tersembunyi dan jauh dari keramaian.

“Tempatnya memang bagus dan tersembunyi. Makanya disebut surga yang tersembunyi,” ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, dikutip dari laman garutkab.go.id.

Menurut Helmi, lokasi wisata Leuwi Tonjong punya tempat yang eksotis sehingga perlu didorong sarana dan prasarananya agar pengunjung nyaman dan aman selama berwisata. Ia berharap, surga tersembunyi tersebut dalam waktu dekat dapat ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan sehingga semua orang dapat menikmatinya.

“Hasil survei, prioritas pembangunan infrastruktur yang mendesak dibangun yakni akses jalan menuju Leuwi Tonjong. Kita akan benahi akses jalan menuju tempat wisata termasuk penyediaan lahan parkir yang layak,” kata Helmi.

Lantas, apa yang menjadi daya pikat Leuwi Tonjong? Ya, tempat ini merupakan danau alami. Namun, ada yang unik yaitu dua tebing dengan celah di tengahnya yang menyajikan air terjun mini.  Menikmati suasana yang damai dan asri sembari berakit merupakan momentum yang jarang bisa dijumpai di tempat lain kabupaten ini. Memang, areal lubuk tersebut terbilang tak terlalu luas tetapi keberadaan dua tebing yang berselimut tanaman hijau menjadikannya pesona tersendiri.

Dari pusat kota Garut, Leuwi Tonjong dapat ditempuh sekira 3 jam arah Pantai Pameungpeuk. Di Desa Cihurip, perjalanan dilanjutkan dengan trekking kurang lebih 20 menit. Spot air kehijauan di danau (leuwi) yang kedalamannya relatif dangkal, kini mulai diburu wisatawan sebagai objek berfoto sekaligus tentunya berwisata. *

Silakan baca: Curug Cipamingkis, Nirwana Tersembunyi di Bogor

Silakan baca: Mengunjungi Curug Gorobog di Sumedang Selatan