Lempah Kuning Bangka, Hidangan Ikan Laut Kuah Kuning

Lempah Kuning Bangka
Sajian semangkuk Lempah Kuning, Bangka. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)*

 

BandungKlik – Lempah Kuning merupakan salah satu hidangan khas Pulau Bangka dan sekitarnya. Masakan ikan laut berkuah kuning ini juga sudah tercatat sebagai Cagar Budaya Nasional Tak Benda.

Sebutan “Lempah Kuning” diambil dari warna kuahnya yang kuning berasal dari warna alami kunyit. Berbahan utama ikan laut, seperti ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Ikan laut dipilih karena sesuai kondisi alam Pulau Bangka yang dikelilingi lautan, sehingga bahan bogalaut pun cukup melimpah.

Untuk bumbu dasarnya, antara lain kunyit, lengkuas, cabai, asem jawa, dan terasi. Menghasilkan cita rasa pedas, asam, dan manis. Membuat segar siapapun yang menyantapnya dan menjadi ketagihan.

Di Bangka sendiri, masyarakat menjadikan masakan tersebut sebagai menu andalan sehari-hari atau bahkan di acara-acara besar tertentu. Hingga sekarang, sajiannya semakin bervariasi.

Silakan baca: Kopi Tung Tau, Secangkir Kenikmatan dari Bangka

Beberapa varian ditambahkan dengan irisan nanas atau daun kedondong. Agar tercipta rasa asam yang begitu segar dan nikmat, serta menghilangkan bau amis ikan.

Lempah Kuning akan lebih lezat dinikmati bersama nasi di waktu siang hari. selain mengenyangkan, bisa juga menyegarkan badan yang lelah akibat aktivitas sehari-hari.

Kuliner ikan kuah kuning banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bangka. Sedangkan bagi yang berwisata ke Pulau Belitung, juga dapat mencoba varian masakan yang sama dengan Lempah Kuning Bangka, dikenal dengan masakan Gangan.*